UKK Siswa/i Kelas XII SMK N 1 Angkola Timur Berjalan Lancar

/ Kamis, 23 Maret 2023 / 21.31.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Uji Kompetensi Keahlian (UKK) siswa/i   SMK Negeri 1 Angkola Timur Tahun 2023  berjalan dengan lancar dengan melibatkan Instansi dan Mitra DUDI, mulai dari Tgl 15 s/d 17 Maret 2023.


UKK yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII sebagai bentuk uji kemampuan bidang jurusan masing-masing. Terdapat 4 Program Keahlian yang ikut serta dalam program UKK. Penguji UKK didatangkan secara langsung dari mitra Dunia Usaha dan Industri yang memiliki lisensi dan kompetensi di bidang program keahlian masing-masing.

Demikian disampaikan Kepala SMK N 1 Angkola Timur Indra Muda Rambe S. Pd kepada awak media online baru baru ini di ruang kerjanya.

Disampaikan, " SMK N 1 Angkola Timur yang melaksanakan UKK terdiri 4 jurusan dari TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor) dari bengkel Naipa Balangka Nalomak, Jurusan ATPH ( Agribisnis Tanaman Pangan Holtikultura) penguji exsternal dari BPP Kecamatan Angkola Timur,  jurusan  RPL (Rekayasa Perangkat Lunak ) pengawas eksternal dari Kominfo Tapsel, dan jurusan AKL 
( Akutansi dan Keuangan Lembaga) dari BANK Sumut Cabang Padang Sidempuan. 

Disampaikan Uji Kompetensi Kejuruan atau disebut dengan UKK merupakan agenda rutin yang wajib dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan atau yang disebut dengan SMK karena UKK ini merupakan ujian praktek untuk setiap siswa kelas XII sesuai dengan Kompetensi keahliannnya. 

Pelaksanaan UKK yang berlangsung selama tiga hari dan ketelitian penguji dalam menilai setiap proses peserta didik, diharapkan mampu mencetak alumni SMK Negeri 1 Angkola Timur yang mampu bersaing di Dunia Usaha dan Industri ke depannya," harapnya.

Lebih lanjut disampaikan Kasek, " bahwa uji kompetensi keahlian merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian  kompetensi  peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 atau 3 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).


"Uji kompetensi keahlian ini merupakan bahan evaluasi terhadap kemampuan kompetensi keahlian dari masing-masing siswa kelas XII, serta sebagai bekal siswa menghadapi kesiapan di dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (Dudika).

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian atau lebih dikenal dengan sebutan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai jurusannya masing masing," ujarnya. (PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: