Peduli Kepada Petani, Pemdes Hutapadang Kec. Batangangkola Berikan Bantuan handsprayer Dan Racun Rumput

/ Sabtu, 01 April 2023 / 21.01.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Sebagai wujud peduli kepada para petani, Kembali Pemerintah Desa (Pemdes) Hutapadang Kecamatan Batangangkola memberikan bantuan handsprayer dan racun rumput kepada 143 KK pada saat turun ke sawah Kamis  (30/3-2023).



Usai pembagian  semprot  dan racun rumput dilanjutkan makan bersama bersama warga masyarakat Desa Hutapadang Kec.Batangangkola yang mayoritas petani sebagai wujud kekompakan masyarakat.


Demikian disampaikan Kepala Desa Hutapadang Kec.Batangangkola Daromes Tampubolon kepada awak media online Sabtu (1/4-2023).


"Disampaikan,"Bentuk perhatian pemerintah terhadap petani diwujudkan dengan meluncurkan program bantuan ketahanan Pangan yang bersumber dari dana desa tahun  anggaran 2023," ucap Kades. 

Lebih lanjut disampaikan Kades, " bantuan yang telah diberikan Pemerimtah desa Hutapadamg tersebut  dengan tujuan untuk meringankan beban petani, bermanfaat untuk petani atau masyarakat dan diharapkan  mendapatkan hasil yang memuaskan pada saat panen tiba sehingga akan meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat," harapnya.

Racun rumput yang diberikan adalah senyawa  atau material  yang disebarkan pada lahan pertanian untuk menekan atau membrantas gulma pengganggu tanaman utama yang menyebabkan penurunan hasil pertanian.

Dengan bantuan handsprayer Dan Racun  Rumput dari Pemerintah Desa, saya berharap hasil panen masyarakat meningkat dengan hasil yang maksimal," harapnya.


"Daromes Tampubolon memaparkan," tanaman liar atau yang disebut gulma adalah semua jenis tanaman yang tumbuh secara liar pada tanaman budidaya ( tanaman itama) yang keberadaanya tidak diinginkan atau dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan dapat menyebabkan penurunan hasil dari tanaman yang dibudidayakan (tanaman utama).

Dituturkannya," hal ini sesuai dengan menurut para ahli, bahwa gulma adalah tumbuhan yang tumbuh tidak sesuai dengan tempatnya dan tidak dikehendaki serta mempunyai nilai negatif.

Pengendalian pertumbuhan gulma perlu dilakukan, kehadiran gulma ini tidak hanya  menjadi pesaing dalam perebutan nutrisi dan sinar matahari saja, tetapi juga menjadi salah satu penyebab adanya organisme pengganggu tumbuhan," ucap Kades.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: