Pemdes Sijungkang Kec. Angkola Timur Salurkan BLT DD kepada 30 KPM, Ini Pesan Kades Adi Mirhan Siregar

/ Selasa, 11 April 2023 / 11.40.00 WIB


 POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) yang digelar di Kantor Desa Sijungkang, Kepala Desa Adi Mirhan Siregar berpesan agar bantuan ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari hari ," ujarnya, Selasa (11/4/2023).


Dimana jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD di desa tersebut disepakati sebanyak 30 KPM untuk bulan 3 bulan yaitu Januari s/d Maret 2023 sebanyak Rp 900.000/KPM. Jumlah penerima tersebut sesuai dengan kesepakatan dalam musyawarah penjaringan bersama BPD dan tokoh masyarakat beberapa waktu lalu.


Kepala Desa (Kades) Sijungkang, Adi Mirhan Siregar mengatakan, jumlah KPM tahun ini jauh berkurang dari tahun 2022 lalu. 



Dimana jumlah pengurangan KPM BLT-DD ini bukan kehendak Pemerintah desa sendiri, namun sesuai dengan petunjuk dan regulasi yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Kriteria penerima BLT-DD tahun 2023 ini adalah keluarga yang kategori kemiskinan ekstrim. Sementara kriteria penerima BLT-DD tahun 2022 lalu adalah untuk keluarga yang terdampak Covid-19.


Dijelaskannya, selain dari regulasi kriteria besaran anggaran untuk BLT-DD tahun ini juga berkurang dari tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah maksimal dana untuk BLT-DD sebesar 25 persen dan minimal 10 persen. Jadi, pengurangan penerima BLT-DD ini bukan hanya karena kriteria saja. Tetapi juga karena besaran anggarannya juga berkurang.

Lebih lanjut disampaikan Kades, " bahwa penyaluran BLT DD Sijungkang sesuai hasil musyawarah sebanyak 30 keluarga penerima manfaat. 

"Ada dua faktor pemangkasan penerima BLT-DD ini. Yaitu, kriteria dan besaran dana yang dialokasikan. Jadi pengurangan ini bukan kemauan desa tetapi ditentukan oleh aturan dan regulasi yang sudah ditetapkan," bebernya.




Ditambahkannya, keluarga yang ditetapkan sebagai penerima BLT-DD tahun 2023 ini benar-benar diseleksi sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Karena kategori penerima BLT-DD tahun ini bukan untuk Covid-19. Tetapi untuk keluarga yang miskin ekstrim.


"Penetapan jumlah KPM BLT-DD ini sudah melalui musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarakat. Sesuai dengan hasil penjaringan yang sudah dilakukan 30 KPM itu dinyatakan layak sebagai penerima BLT-DD tersebut," tutupnya.

Turut hadir dalam acara pembagian BLT DD Bhabinkamtibmas AIPTU Anwar Sadat Harahap,  Kepala Desa Sijungkang , Camat Angkola Timur yang diwakili Kasi Pendapatan Rina Herwawati,  pendamping desa,  Pendamping Lokal Desa,  Aparat Desa, BPD,  Tokoh masyarakat  dan masyarakat penerima BLT DD. (PS/BERMAWI)






Komentar Anda

Terkini: