Syah Afandin Pimpin Upacara HARKITNAS ke-115 Tahun

/ Selasa, 23 Mei 2023 / 08.25.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM.Langkat-Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke 115 Tahun 2023 Kabupaten Langkat, bertempat di Lapangan Alun alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Senin 22 Mei 2023.

Dengan mengusung Tema peringatan 115 tahun kebangkitan nasional tahun 2023  "Semangat Untuk Bangkit"

Adapun petugas peringatan 115 tahun kebangkitan nasional tahun 2023 di antaranya :
1.Inspektur Upacara Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin,SH.
2.Perwira Upacara Kapten Arh Iroma Harahap, Pasi Ops Kodim 0203/LKT.
3.Kapten Inf Supriadi, Danramil 10 /Padang Tualang sebagai Komandan Upacara. 
4.Petugas pengibar bendera 3 orang Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Langkat. 
5.Pembaca UUD 1945,Johan staf Dispora. 

Tujuan peringatan 115 tahun kebangkitan nasional tahun 2023 adalah untuk terus  memelihara semangat, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan, menegakan nilai-nilai demokrasi moral dan etika bangsa dan bernegara, mempererat  persaudaraan untuk mempercepat tujuan visi  dan misi bangsa ke depan dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia. 

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH membacakan Pidato Mentri Komunikasi dan Informatika RI dalam peringatan 115 tahun kebangkitan nasional tahun 2023. 

Seratus lima belas tahun lalu, para persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyalah. 
Hal ini di tandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan bersifat kedaerahan menjadi barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan republik Indonesia sebagai negara yang satu ,berdaulat, adil dan makmur. 

Didirikan oleh DR. SOETOMO bersama para mahasiswa  SCHOOL TOT OPLEIDING VAN INDISCHE ARTSEN (STOVIA), BOEDI OETOMO berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketinggalannya dari bangsa lain di masa itu. 

BOEDI OETOMO juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan cita-cita utama kebangkitan nasional yakni memerdekakan Cita-cita kemanusiaan, mewujudkan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. 

Barisan persatuan yang dibentuk oleh BOEDI OETOMO adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit , baik pada masa pra kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan. 

"Di masa ini di saat kemerdekaan telah kita rasakan warisan perjuangan, kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045," ajaknya. 

Pada tanggal 5 Mei 2023 badan kesehatan dunia WHO telah mengumumkan bahwa status publik HEALTH EMERGENCY OF INTERNATIONAL CONCEM atau darurat Kesehatan Global untuk covid 19 secara resmi dicabut. Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi covid 19 selama 3 tahun terakhir di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama. 

Barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid 19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke 115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi. 

Hari kebangkitan nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bangsa kita, Kementerian lembaga pemerintah daerah sektor swasta, akademis, pers, komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis Global baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Data data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia di Tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (YEAR-ON-YEAR/YOY) jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (YOY) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan Sebelum masa pandemi di 2019. 

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan satu tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03%  (YOY) menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan 4 Tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%. 

"Tentunya kita berharap agar capaian-capaian ini dapat pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, hari kebangkitan nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan perbaikan, atau bahkan perjalanan yang didapat dari perjuangan kita," ucapnya. 

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia, sebut Afandin, menjadikan momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi covid 19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045 mengutip perkataan SOETOMO : 

1.Generasi yang maju berjuang untuk kemandirian bangsa adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya. 
2.Dengan semangat yang sama pula kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan Bara Api semangat kebangkitan nasional sembari memper rapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras kerja cerdas juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan
3.Kita juga ingin agar Bara Api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerangan harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. 

"Selamat memaknai dan memperingati hari kebangkitan nasional ke 115, bagi kita semua berjuang belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit !," sebutnya mengakhiri. 

Turut hadir Ketua DPRD Langkat Sri Bana Perangin Angin, SE, Ketua Pengadilan Negri Stabat Kelas I B Ledis Meriana Bakara, SH, MH, Kajari Langkat Mei Abeto Harahap,SH, MH, Ketua BNNK Langkat AKBP. S. Bangko, S.H., M.B.A, SH, Ketua MUI Langkat H.Zulkifli Ahmad Dian,LC,MA, Dandim 0203/LKT  di wakili Danramil 07/STB Kapten Inf Edi Susanto, Kapolres Langkat di wakili Kompol Kompol Hendri Nupia Dinka Barus, SH, SIK.MM, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala Perangkat Daerah, dan tamu undangan. (PS/Aloel)

Komentar Anda

Terkini: