Buka Secara Resmi Pelatihan Pembuatan Tuduong Saji dan Menjahit, Ketua Dekranasda Kab. Kampar : Siapkan SDM Yang Memiliki Keterampilan dan Kemampuan Untuk Memajukan UMKM

/ Rabu, 04 Oktober 2023 / 22.23.00 WIB

 

  Buka Secara Resmi Pelatihan Pembuatan Tuduong Saji dan Menjahit, Ketua Dekranasda Kab. Kampar : Siapkan SDM Yang Memiliki Keterampilan dan Kemampuan Untuk Memajukan UMKM

POSKOTASUMATERA.COM - TAPUNG - Untuk lebih meningkatkan keterampilan dan untuk memajukan perekonomian masyarakat menengah ke bawah terutama kaum perempuan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Kampar drg. Yusi Firdaus, MM adakan Pelatihan Pembuatan Tudung saji dan Menjahit untuk masyarakat. Bertempat di  Aula Kantor Desa Petapahan Kecamatan Tapung Acara Pembukaan pelatihan ini  dibuka oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Kampar pada Rabu (4/10).

Tampak mendampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Kampar, Kepala Bidang Pembinaan dam Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar Agusni Mariani, Hasni Hasbi Sofiandi Ketua TP PKK Kecamatan Tapung.

Berikan pengarahan kepada para peserta Ketua Dekramasda Kabupaten Kampar katakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi masyarakat terutama perempuan sehingga dapat dijadikan matapencaharian untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Dan dengan pelatihan ini dapat juga dijadikan sebagai strategi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berketerampilan untuk menunjang peningkatan UMKM.

"Untuk Tuduong Saji seperti kita ketahui mang untuk sekarang kelangkahan bahan baku adalah kendala utama dalam mengembangkan usaha ini. Namun setidaknya telah kita siapkan tenaga yang telah terampil dan siap dalam pembuatan Tuduong Saji ini" ujar Yusi.

Kemudian ditambahkan Yusi secara bertahap melalui pelatihan ini dapat menciptaka kader-kader yang terampil dan mumpuni baik dalam membuat Tuduong Saji maupun Menjahit dan mungkin yang lainnya nantinya. Dan berharap semua peserta dapat mengikuti dengan baik dan seksama sehingga dapatenjadi bekal dikemudian hari dikehidupan sehari-hari.

Seperti yang dilaporkan ketua panitia penyelenggara pelatihan ini, peserta pelatihan Pembuatan Tuduong Saji dan Menjahit ini berasal dari Desa Muara Mahat Baru, Desa Petapahan dan Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang untuk Pembuatan Tuduong Saji dengan waktu 10 hari mulai tanggal 4 sampai dengan 13 Oktober 2023 dan 20 orang untuk Pelatihan menjahit dengan waktu 20 hari yang dimulai pada tanggal 4 sampai 23 Oktober 2023. Pemusatan pelatihan menggunakan 2 (dua) tempat, yakni Pelatihan Tuduong Saji akan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Petapahan, sedangkan untuk kegiatan Pelatihan Menjahit dilaksanakan di Kantor Dekranasda Kabupaten Kampar Bangkinang Kota. 

Acara pembukaan pelatihan ini ditandai dengan pemasangan secara simbolis Name Tag sebagai tanda peserta Pelatihan dan penyerahan perlengkapan untuk pelatihan Pembuatan Tuduong Saji dan Pelatihan Menjahit oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Kampatlr yang di akhiri dengan sesi foto bersama dengan para peserta.(PS/NURMAN) 

Komentar Anda

Terkini: