Dinas Pertanian Sumut Berikan 30 Ribu Benih Ikan ke Pea Ronggurnihuta

/ Kamis, 31 Mei 2018 / 20.28.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR-Dinas Pertania Perikanan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui UPTD Puspik Ambarita di Kabupaten Samosir memberikan sebanyak 30.000 ekor benih ikan untuk ditabur di pea pea air tawar yang ada di Kecamatan Ronggurni huta, Kamis (31/05). 

“Benih ikan yang akan kita tabur ini diberikan oleh Dinas Pertanian Provinsi melalui UPTD yg ada di ambarita. Dengan harapan  pea atau lumbung air yang ada di Kecamatan Ronggurnihuta ini nantinya diharapkan dapat menghasilkan ikan juga. Walaupun hanya untuk masyarakat sekitar,” kata Kadis Pertanian Erkanus Simbolon kepada puluhan  masyarakat yang beramai ramai untuk ikut menabur bibit ikan. 

Lebih lanjut Erkanus mengatakan bahwa dengan sendirinya pea pea yang dulu hanya digunakan untuk air bersih kini meningkat juga sebagai kolam ikan bersama. Benih ikan yang kita taburpun terdiri dari Ikan Nila 20.000 ekor, Tawes 5.000 ekor dan Nilem 5.000 ekor. 

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM yang turun langsung untuk ikut menabur benih ikan itu mengatakan penaburan bibit ikan nanti akan dilakukan rutin minimal setiap 3 bulan sekali.

Sehingga kedepan diharapkan Pea Aek Tawar yang ada di Ringgurnihuta menjadi salah satu lokasi sumber ikan bagi masyarakat. 

Namun demikian Bupati menghimbau agar masyarakat sekitar jangan langsung memancing/mengambil ikan yang baru ditabur sebelum berkembang biak. “Kalau sudah banyak dan besar nantinya maka Pea Aek Tawar ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu tempat rekreasi memancing, untuk itu kami meminta kerjasama masyarakat sekitar untuk penataan lokasi,” katanya. 


Salah satu masyarakat yang mengaku marga Malau mengatakan terimakasihnya kepada Pemeritah yang telah perduli dan memikirkan kemajuan daerah mereka untuk kedepannya. Demi perkembangan daerah ini, kami siap dan terbuka untuk Pemerintah. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: