Hari Ini Ribuan Pemudik Gratis Bareng Pelindo 1 Padati Terminal Bandar Deli Belawan

/ Minggu, 10 Juni 2018 / 07.13.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - Hari ini Minggu (10/06/2018) ribuan pemudik gratis bareng Pelindo 1 yang mengunakan jasa angkutan kapal laut tiba di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan selanjutnya akan dilepas melanjutkan perjalanan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan jasa angkutan darat bus gratis yanh sebelumnya telah disiapkan pihak Pelindo 1.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan, Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman masing-masing dengan moda transportasi laut maupun darat hingga sampai kota tujuan. “Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 ini juga merupakan salah satu Prorgram BUMN Hadir Untuk Negeri, di mana melalui program ini masyarakat umum dapat semakin merasakan manfaat yang diberikan oleh Pelindo 1,”  Fiona Sari Utami.

Sebelumnya,
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melepas ribuan pemudik yang berangkat dari Kota Batam menuju Pelabuhan Belawan, Medan melalui jalur laut menggunakan Kapal Kelud pada Sabtu, 9 Juni 2018. Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 ini juga dilepas oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun didampingi oleh Senior Manajer Pelayanan Kapal dan Barang Pelindo 1, Mardiofi.
Pelindo 1 menyediakan satu kapal laut dengan rute Batam menuju Belawan untuk memfasilitasi pemudik yang memilih untuk menggunakan jalur transportasi laut. Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 dengan rute ini dilakukan sebanyak dua kali pelayaran dengan jadwal keberangkatan 9 Juni dan 11 Juni 2018 dengan setiap keberangkatannya, Kapal Kelud membawa sebanyak 1.000 orang dari Kota Batam. Penambahan trip mudik via jalur laut ini dikarenakan tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis Pelindo 1.
Mardiofi menjelaskan bahwa Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 merupakan program rutin yang digelar setiap tahunnya untuk mendukung program pemerintah yang ingin menyediakan transportasi mudik yang aman dan nyaman untuk masyarakat yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.
“Selain kapal laut yang Pelindo 1 sediakan untuk para pemudik, nantinya di Pelabuhan Belawan , Medan akan disediakan armada bus bagi masyarakat yang akan melanjutkan perjalanan mudiknya ke kampung halamannya,” terang Mardiofi.
Untuk menyambut para pemudik yang akan tiba di Pelabuhan Belawan, Pelindo 1 juga telah melakukan berbagai macam persiapan untuk dapat melayani masyarakat agar dalam perjalanan mudiknya terasa nyaman. Para pemudik akan turun di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan yang merupakan terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera yang sudah dilengkapi dengan fasilitas ang modern, seperti: dua unit garbarata yang memudahkan penumpang untk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya, ruang tunggu ekonomi dan VIP, guesthouse, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang kedatangan dan anjungan, musholla, serta alat dan fasilitas pelengkap untuk menunjang faktor keamanan dan keselamatan masyarakat selama berada di terminal penumpang.
Selain pelepasan Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 di Batam, pelepasan program mudik gratis melalui jalur laut ini juga dilakukan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang pada Sabtu, 9 Juni 2018. Pelindo 1 menyediakan 10 kapal laut yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Tanjung Balai Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumas, Tanjung Samak.
Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 ini disambut baik oleh masyarakat yang turut berpartisipasi dalam program ini. Samsul, warga Tanjung Pinang yang akan mudik ke Bengkalis mengucapkan terimakasih kepada Pelindo 1 yang menyediakan angkutan mudik gratis untuk bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman. “Program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Pelindo 1 sangat membantu masyarakat yang ingin pulang kampung, terutama untuk masyarakat Tanjung Pinang yang mengandalkan transportasi laut apalagi untuk daerah Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, dan Natuna. Program ini memberikan semangat bagi masyarakat untuk merayakan hari Lebaran di kampung halaman,” ujar Samsul.
Tahun ini, Pelindo 1 telah menyiapkan 12 kapal laut dan 45 bus pariwisata untuk melayani program mudik gratis dengan peserta sebanyak 4.750 orang atau meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 2.150 orang
.(Lim/Sul).
Komentar Anda

Terkini: