Pj Gubsu ke Danau Toba Pantau Pencarian Korban KM Sinar Bangun

/ Minggu, 24 Juni 2018 / 00.20.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TIGARAS-Mengawali kerjanya sebagai Pejabat Gubernur Sumatera Utara, Eko Subowo,  Sabtu (23/6/2018), berkunjung ke Danau Toba untuk memantau penanganan pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun, pada Senin (18/6) lalu. 

Dalam kunjungan ini, Eko Subowo yang baru dilantik oleh Mendagri Cahyo Kumolo, Jumat (22/6) kemarin, juga menjenguk korban selamat yang dirawat di RS T Rondahamim Saragih, Tigaras, Simalungun. 

Kepada wartawan, Pj Gubsu Eko Subowo menyatakan rasa keprihatinannya atas musibah yang terjadi. Pemprovsu, katanya, bersama Basarnas, TNI/Polri serta Pemda setempat akan berusaha semaksimal mungkin melakukan pencarian untuk menemukan korban yang masih dinyatakaan hilang dalam kejadian ini. 

"Kami akan terus berusaha memastikan upaya-upaya pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun terus dilakukan secara maksimal. Terhadap korban selamat, kita juga lakukan perawatan secara intensif. Dan untuk keluarga korban kita juga sediakan tenda-tenda tempat istirahat dan menginap agar dapat terus memantau upaya pencarian," kata Eko yang didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provsu, Ilyas Sitorus. 

Berdasarkan laporan yang diterima, sebut Eko, memasuki hari ke-6 pencarian korban, tim melakukan pedeteksian lokasi bangkai kapal di dasar danau dengan menggunakan alat pendeteksi logam bernama Multi Beam Echo Sounder.

Peralatan pendeteksi logam ini didatangkan dari Disposal Mabes TNI AL, bersama sejumlah pasukan khusus dari Tim Pasukan Khusus Datasemen Jalamangkar (Denjaka), Batalyon Intai Amfibi (Taifib), dan Komando Pasukan Katak (Kopaska).

Namun hingga berita ini diturunkan, pencarian korban yang masih hilang maupun bangkai kapal yang dilakukan tim di lapangan belum banyak membuahkan hasil. 

Tercatat korban selamat berjumlah 18 orang, korban tewas 4 orang, dan 184 orang masih dinyatakan hilang. (PS/HASAN BASRI)



Komentar Anda

Terkini: