Warga Desa Simpang Tais Tangkap Ular Piton Raksasa

/ Jumat, 22 Juni 2018 / 21.03.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - PALI - Ular Piton raksasa sepanjang 8 meter berhasil ditangkap oleh warga Desa Simpang Tais kecamatan, Talang Ubi, Kabupaten PALI, Sumatera Selatan (Sumsel).

Ular raksasa tersebut ditangkap oleh warga setempat disebuah sungai yang tidak jauh dari pemukiman penduduk, Jumat pagi (22/6).

Tertangkapnya hewan melata bercorak batik itu, bermula dari kecurigaan warga yang kerap kehilangan hewan ternak kambing, warga curiga karena setiap kali hewan peliharaan warga yang hilang selalu ada bekas jejak menuju sungai, begitu ditelusuri dari bekas jejak tersebut warga menemukan seekor ular piton raksasa yang sedang tidur disemak semak.

"Dengan alat seadanya kami beramai ramai melakukan penangkapan alhasil ular yang sering memangsa kambing peliharaan warga itu, berhasil kami tangkap dalam kondisi hidup dan kami masukkan disebuah karung terus kami, pulang," ujar Sudarmi salah satu warga setempat yang ikut menangkap ular piton raksasa itu," kata warga.

Namun sayangnya menurut Sudarmi setibanya dirumah ular tersebut sudah dalam keadaan mati, berkemungkinan kurang oksigen atau terlalu kencang pada saat mengikatnya pada saat didalam karung ketika dibawa menuju pulang, dan kondisi perut ular itu buncit seperti ada sesuatu didalamnya.

" Untuk memastikan ular itu adalah penyebab dari ternak kambing warga yang sering hilang, ular itupun kami belah perutnya dan ternyata dugaan kami benar, dari dalam perut ular itu ada seekor anak kambing berwarna hitam, " jelasnya.

Selain itu berdasarkan penuturan Erika Peru, kepala Desa setempat, sepakan sebelumnya warga pernah menangkap ular jenis yang sama hanya saja besar dan panjangnya tidak seperti ular yang ditangkap warga saat ini, dia menduga kedua ular piton itu adalah merupakan pasangan jantan dan betina.

" Sepekan yang lalu warga kita juga pernah mengkap ular dengan jenis yang sama, tapi agak pendek hanya panjang 5 meter, tapi yang kali ini cukup lumayan panjang berkisaran 8 meler, rencananya kalau masih hidup akan kami serahkan kepada pihak terkait, namun oleh karena sudah mati ya, apa boleh buat, " singkatnya.

Dari pantauan wartawan pada saat ular piton raksasa sepanjang 8 meter itu sebelum dikuliti dan dibelah, menjadi sebuah tontonan warga setempat, tidak kecuali anak kecil pun ikut melihat dengan jarak dekat bahkan ada yang berani ikut memegang langsung badan ular tersebut. (PS/SUHERMAN)
Komentar Anda

Terkini: