HUT Kota Medan ke 428, Eldin: Terus Bekerja & Bersatu Sebagai Sebuah Keluarga

/ Selasa, 03 Juli 2018 / 00.35.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Puncak Hari Jadi Kota Medan ke-428 tahun 2018 dipungkasi dengan upacara bendera di Lapangan Benteng Medan, Senin (2/7).

Walikota Medan Drs H T dDzulmi Eldin S MSi yang bertindak sebagi inspektur upacara, mengajak  seluruh jajaran Apratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan untuk menyatukan hati dan tujuan guna mewujudkan Medan  kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius.
               
Upacara bendera yang berlngsung penuh khidmat ini dihadiri  Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, unsur Forum Koordinsi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan,  Wakil Walikota, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH, camat, lurah, kepling, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda pimpinan OKP, kelompok profesi, cendikiawan serta undangannya.
               
Diungkapkan Walikota dalam sambutannya, apa yang sedang dan telah dicapai saat ini tentunya berkat partisipasi dan kontribusi semua pihak. Oleh karenanya Walikota memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder dari berbagai dimensi pembangunan, seluruh warga masyarakat yang secara aktif berperan serta membangun Kota Medan, termasuk selurun ASN baik tingkat kota, kecamatan, kelurahan sampai tingkat lingkungan.
               
“Mari kita terus bekerja dan bersatu sebagai sebuah keluarga, sahabat, rekan dan teman sejati yang kompak dan solid untuk selalu bergandengan tangan serta bersama-sama membangun Kota Medan yang tercinta. Mari kita pastikan bahwasannya kita mampu mewariskan keadaan  yang lebih baik kepada generasi selanjutnya melalui pembangunan berkelanjutan,” kata Walikota.
               
Ajakan ini disampaikan Walikota mengingat berbagai tantangan pembangunan  masih harus dihadapi. Untuk itu semua dituntut  lebih peduli, responsif dan bekerja lebih keras lagi  guna mengatasinya. Melalui APBD dan sumber pembiayaan lainnya,  jelas Wal;i Kota,  Pemko Medan telah merencanakan dan melaksanakan berbagai masalah dan tantangan pembangunan kota yang ada.
               
Di bidang infrastruktur, Walikota mengatakan, pihaknya sampai akhir tahun ini menargetkan untuk bisa mewujudkan pemabngunan  sarana dan prasarana transportasi publik  yang nyaman serta mampu mengatasi kemacetan seperti pengembangan Light Rail Tarnsport (LRT)/Bus Rapid Transit (BRT) melalui mekanisme  Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).
               
Kemudian tambah Walikota, peningkatan kualitas jalan dalam kondisi baik hingga 95%, khususnya bagi ruas jalan berstatus jalan kota  yang diikuti dengan penanganan drainase. Serta penambahan ruang terbuka hijau, tertib tata ruang, penataan lalu-lintas serta pengelolaan sampah berbasis masyarakat.
               
Untuk bidang pendidikan, Walikota mengungkapkan, Pemko Medan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan tenga kependidikn. Kmeudian peningkatan kualitas sarana prasarana, penyediaan alat peraga pendidikan yang lebih baik serta iklim kompetisi ilmiah di setiap jenjang pendidikan.
               
Sementara itu di bidang kesehatan, kata Walikota, akses dan pelayanan kesehatan terus ditingkatkan melalui pembangunan maupun rehabilitasi puskesmas, pembangunan rumah sakit Tipe C di kawasan Medan Labuhan serta rencana pengembangan RSUD dr Pirnagadi melalui mekanisme KPBU).
               
“Di samping itu juga terus berupaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta peningkatan gizi balita. Lalu terus berupaya menekan penularan penyakit seperti tuberkulosis (TB) paru maupun HIV/AIDS melalui gerakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi,” ungkapnya.
               
Sedangkan di bidang ekonomi, Walikota menjelaskan, Pemko Medan terus berupaya mengembangkan Medan sebagai salah satu pusat berinvestasi,  pusat industri high-tech serta  pusat pengembangan ekonomi kerakyatan  baik itu UMKM, koperasi maupun pasar tradisionil. Kemudian memberikan kemudahan, fasilitas dan insentif berinvestasi serta membangun hubungan industrial yang harmonis maupun membuat regulasi yang bersahabat dengan pasar.     
               
Sebelum pelaksanan upacara bendera ini, Pemko Medan juga telah menggelar serangkaian  kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Medan ke-428 tahun 2018 baik dalam bentuk carnaval maupun promosi wisata yang dipersembahkan khusus bagi warga Kota Medan  maupun seluruh pengunjung dan wisatawan dari berbagai daerah dan negara.
               

“Semoga semarah Hari Jadi Kota Medan tahun ini dapat menggairahkan semangat kita semua sebagai penghuni rumah besar yakni Medan Rumah kita untuk terus mengisi perjalan kota yang kita cintai bersama  dengan karya-karya pembangunan terbaik,” harapnya. (PS/RYANT)
Komentar Anda

Terkini: