Anggaran Besar, TP PKK Harus Ciptakan Kreasi dan Inovasi Tingkatkan Ekonomi Rakyat

/ Rabu, 15 Agustus 2018 / 02.19.00 WIB
Plt Bupati Labuhanbantu H Andi Suhaimi Dalimunthe, Saat Mengkalungi Ketua TP PKK Hj Rosmanidar Hasibuan (Kiri). Dan Saat Menyampaikan Arahannya (Kanan). POSKOTA/OKTA 

POSKOTASUMATERA.COM - RANTAUPRAPAT - "Salah satu tugas pokok Tim Penggerak PKK, bagaimana menciptakan Kreasi atau Inovasi yang dapat membantu meningkatkan Perekonomian masyarakat agar lebih baik lagi kedepan," ujar Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT, pada acara pembukaan Pelatihan Tim Penggerak dan Ketua Kelompok-Kelompok (TPK3) PKK Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 bertempat di Aula BKPP Labuhanbatu, Selasa (14/8/2018).

Andi Suhaimi juga menyebutkan, Tim Penggerak PKK jangan dinilai orang hanya sebagai tempat kumpul-kumpul Ibu - Ibu saja, tetapi ke depan dapat membangun kreatifitas yang  lebih mumpuni dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa maupun di Kelurahan. 

"Janganlah sampai orang menilai PKK ini adalah tempat kumpul-kumpul saja dan tidak ada menghasilkan suatu buah pemikiran untuk menaikkan atau mendorong ekonomi masyarakat yang ada di lingkungan Desa/Kelurahan", sebut Andi.

Menurutnya, Ia sendiri telah memberikan masukan kepada Ketua TP PKK, agar menjadikan PKK sebagai tempat yang mampu dan bisa membuat sesuatu yang menghasilkan, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, jangan berbuat hanya untuk menghabiskan, karena biaya PKK ini sangat besar.

Plt Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe dalam sambutannya mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan ini adalah untuk Mensinkronosasikan Program Pemerintah dengan Tim Penggerak PKK sebagi Mitra Pemerintah untuk melakukan pembangunan yang pelaksanaannya diawali dari Desa dan Kelurahan, Dusun dan Lingkungan serta kelompok-kelompok Dasa Wisma sebagai garda terdepan Pelaksanaan Pembangunan.

"Untuk itu melalui pelatihan ini diharapkan para Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Kelurahan harus berupaya merubah sikap, menambah pengetahuan dan ketrampilan, sehingga kita dapat membalikkan fakta, bahwa yang negatif akan kita rubah menjadi positif, dimana Tim Penggerak PKK adalah perempuan yang penuh inovasi dan kreatif," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa perlu untuk disikapi tugas dan fungsi Tim Penggerak PKK adalah, 'Tiada Hari Tanpa Kegiatan', untuk Wakil Ketua 'Tiada Hari Tanpa Tugas', Sekretaris 'Tiada Kegiatan Tanpa Dicatat', Bendahara 'Tiada Kegiatan Tanpa Swadaya', Pokja I 'Tiada Hari Tanpa Berbuat Baik', Pokja II 'Tiada Hari Tanpa Membaca', Pokja III 'Tiada Pekarangan Tanpa Ditanami' dan Pokja IV 'Tiada Hari Tanpa PHBS'.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Hj Fatimah Adriyani Muflih selaku Ketua Pelaksana melaporkan Pelaksanaan Pelatihan TPK3 PKK Tahun 2018 dilaksanakan dari Tanggal 14 s/d 15 Agustus 2018 dengan diikuti sebanyak 98 orang Peserta, terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu.

Acara tersebut menghadirkan Narasumber dari Dinas PMD, Dinas Perindag, Dinas Kesehatan, Dinas PP dan KB, Sekretaris TP. PKK Kabupaten, Pokja I s/d IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dengan materi Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Industri, Germas, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan Sembilan Kegiatan Lomba, kemudian Program Prioritas Pokja I s/d Pokja IV. (PS/OKTA - ML)
Komentar Anda

Terkini: