Penyebarluasan Informasi Paudikmas Labuhanbatu Melalui Radio Dialog Interaktif Talk Show

/ Sabtu, 11 Agustus 2018 / 09.25.00 WIB
Dialog Interaktif Bertemakan “Pendidikan Dini dan Pendidikan Masyarakat” di PPL RSPD Labuhanbatu. POSKOTA/OKTA - ML

POSKOTASUMATERA.COM - RANTAUPRAPAT - LPPL RSPD Labuhanbatu yang mengudara setiap harinya di Frekwensi 96,5 FM, laksanakan Dialog Interaktif Talk Show dalam rangka Penyebarluasan Informasi kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (10/8/2018).

Talk Show Siaran Radio tersebut bertemakan “Pendidikan Dini dan Pendidikan Masyarakat” dengan menghadirkan Narasumber Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Labuhanbatu diwakili Kasie Kesetaraan dan Dikmas Disdik Labuhanbatu Yulinar Harefa serta Kasie Kursus Elprida.

Selain, aparat Disdik Labuhanbatu, turut hadir dalam Acara Dialog Inter Aktif Talk Show tersebut, salah seorang Penggiat Pendidikan, sekaligus merupakan Ketua Himpaudi Kecamatan Rantau Utara Manawar Nasution SH.

Kepala Disdik Kabupaten Labuhanbatu Sarimpunan SPd MPd diwakili Kasi Kesetaraan dan Dikmas Yulinar Harefa dalam Dialog Interaktif tersebut menyampaikan, bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu memiliki bidang khusus untuk membidangi tentang Pendidikan Dini dan Pendidikan Masyarakat yang disingkat dengan Paudikmas atau yang lebih populer dengan sebutan PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal).

Yulinar mengatakan, bahwa Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fungsi utama dalam mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (Motorik Kasar dan Halus), Sosial dan Emosional.

Sedangkan Pendidikan Non Formal merupakan jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.

“Hasil Pendidikan Non Formal dapat dihargai setara dengan hasil Program Pendidikan Formal, setelah melalui Proses Penilaian Penyetaraan oleh Lembaga yang ditunjuk Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan", ungkap Yulinar.

Disisi lain Kasi Kursus Disdik Labauhanbatu Elprida menambahkan, bahwa Kursus dan Pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal Pengetahuan, Ketrampilan, Kecakapan Hidup dan Sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan Profesi, Bekerja, Usaha Mandiri dan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sementara, Ketua Himpaudi Kecamatan Rantau Utara Manawar Nasution SH dalam Dialog itu menambahkan dan memberikan apresiasi kepada Disdik Kabupaten Labuhanbatu, khususnya di Bidang Paudikmas yang telah menjalankan Program-Program Pendidikan Dini dan Pendidikan Masyarakat kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu melalui siaran LPPL RSPD secara langsung.

Kadis Kominfo Labuhanbatu HM Ihsan  Harahap ST melalui Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik  Dinas Kominfo Labuhanbatu Siti Nursani Lubis menegaskan, Dialog Interaktif ini akan terus dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan kepada masyarakat, agar tidak ketinggalan informasi terkini tentang berbagai hal, apa lagi masalah yang sedang hangat dibicarakan di tengah-tengah masyarakat. (POSKOTA/OKTA - ML)
Komentar Anda

Terkini: