Kemensos RI & Pemkab Labuhanbantu Salurkan Bansos Non Tunai PKH

/ Jumat, 31 Agustus 2018 / 17.00.00 WIB
Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT Serahkan Beasiswa Dalam Bentuk Tabungan Kepada Siswa Anak KPM Berprestasi. POSKOTA/OKTA

POSKOTASUMATERA.COM - Melalui Pemeribtah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu, Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) salurkan Bantuan Sosial Non Tunai dalam Bentuk Buku Tabungan kepada 350 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), berasal dari Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan, di Aula Gedung Asrama Haji Rantauprapat, Jum'at (31/8/2018).

Bantuan tersebut adalah Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2018 yang diperuntukan bagi KPM PKH di wilayah Labuhanbatu.

Mewakili Kementrian Sosial RI, Sekretaris Inspektorat Jendral Hasbullah MSi dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi Pemkab Labuhanbatu atas suksesnya penyaluran PKH, sebab peran Pemerintah Daerah sangat penting dalam penguatan-penguatan Kegiatan Kesejahteraan Sosial seperti PKH.

"Pada Tahun 2019, Bansos Beras Sejahtera akan diubah menjadi Bansos Pangan Non Tunai (BPNT). Ini menjelaskan bahwa seluruh Program Kemensos RI sudah dilakukan dengan cara yang efektif, sehingga lebih mudah pengawasannya dan lebih tepat waktu. Selanjutnya, kami berharap kepada DPR RI agar ke depannya memberikan anggaran yang lebih kepada Kemensos RI", kata Hasbullah.

Pihaknya berharap, Pemkab Labuhanbatu dapat menjamin alokasi Bansos tersebut sukses, tuntas pada Agustus 2018, baik PKH Tahap III dan Rastra Tahap VIII,. Dimintakan, agar seluruh Unit Kerja termasuk Bank BRI untuk proaktif terhadap semua jenis Bansos, sehingga menjamin efektifitas program tersebut dapat terwujud.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT menyampaikan, PKH merupakan salah satu diantara program-program Nasional yang bertujuan untuk Pengentasan Kemiskinan, PKH juga telah berkontribusi dalam Penurunan Angka Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia.

"Acara ini sangat bermakna strategis serta sangat relevan, karena penyerahan Bansos kepada Keluarga penerima PKH ini merupakan salah satu peluang dalam upaya Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kesejahteraan dikeluarganya masing-masing", ujar Andi.

Andi Suhaimi juga menyebutkan, acara ini juga merupakan salah satu pembuktian komitmen Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam mewujudkan Visi dan Misinya yakni "Satu tekad bersama rakyat, menuju sejahtera 2020, Labuhanbatu semakin hebat lebih berdaya 2025.

Berdasarkan Basis Data Terpadu penangan fakir miskin pada Aplikasi (SIKS-NG)  Kementrian Sosial RI, jumlah penduduk miskin atau keluarga kurang mampu di Kabupaten Labuhanbatu pada situasi terakhir Mei 2018 tercatat sebanyak 29.964 Kepala Keluarga (KK) atau 120.132 Jiwa.

"Dari jumlah tersebut, keluarga yang telah menerima PKH sesuai Penutupan Data Tahap III Bulan Juli adalah sejumlah 13.422 KPM dan Keluarga Penerima Bansos Beras Sejahtera pada posisi Juli 2018 sebanyak 18.817 KK", urai Andi.

Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba LubisMA pada kesempatan yang sama, mengimbau kepada para Penerima Bansos Non Tunai PKH agar lebih inovatif dalam menggunakan dana yang telah diberikan Pemerintah, sehingga kedepan para keluarga yang telah menerima PKH dapat keluar dari zona kemiskinan.

Laporan Direktur Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI yang disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu H Sofyan Efendi Harahap SP menjelaskan, acara tersebut bertujuan untuk mempercepat dan memastikan bahwa proses pelaksanaan Pencairan Bantuan PKH Tahap II dan Bansos Pangan sampai dengan Bulan Agustus telah terealisasi, sampai kepada penerima KPM.

Adapun para penerima PKH sebanyak 350 KPM, para anak-anak KPM yang berprestasi sebanyak 10 orang, serta para anggota PKH Graduasi atau para mantan anggota PKH yang aktif, namun setelah kesejahteraan keluarganya meningkat mereka dikeluarkan dari kepesertaan PKH sebanyak 5 orang.

Acara tersebut ditutup dengan Penyerahan Secara Simbolis Paket Bantuan Makanan Tambahan kepada seluruh KPM yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Tabungan kepada anak KPM PKH yang berprestasi dan Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada Keluarga Penerima Manfaat PKH Tahun 2018. (PS/OKTA)
Komentar Anda

Terkini: