Ketua TP PKK Tapsel : "Kami Prioritas Dan Siap Untuk 6 Besar Di Tingkat Provinsi"

/ Jumat, 31 Agustus 2018 / 23.40.00 WIB
 Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH, Ketua TP PKK Tapsel Nyonya Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Kadis Pendidikan Kabupaten Tapsel dan Camat Batangtoru Foto Bersama Dengan Rombongan Tim Monitoring Dari Provsu. POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ny Hj Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu SH menegaskan, bahwa seluruh Desa yang dikunjungi Tim Monitoring Lomba Desa Binaan Tahun 2018 di Kabupaten Tapsel merupakan prioritas dan siap untuk masuk di Enam Besar dalam Kategori Lomba Desa Binaan Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu). 

Demikian dikatakan Syaufia Lina saat menerima kunjungan Tim Monitoring Desa Binaan dari Provsu yang langsung dihadiri oleh Ketua TP PKK Provsu Ny Iit Kartika Eko Subowo didampingi Ny Mahleni Aspan Sopian, Wakil Ketua II PKK Provsu dan Ny Neti dan Sekretaris PKK Provsu, berlangsung SDN 100715 Desa Telo Kecamatan Batangtoru, Jum,at (31/8/2018). 

Kunjungan Tim Monitoring dari Provsu tersebut terbagi dalam Enam Tim yang secara serentak mengunjungi 6 Desa/Kecamatan yang merupakan Pemenang dari 10 Program PKK Tingkat Kabupaten Tapsel yaitu Desa Huraba di Kecamatan Marancar Kategori UP2K PKK, Desa Muara Hutaraja Kecamatan Muara Batangtoru Kategori PTP2 WKSS, Desa Silaiya Kecamatan Sayurmatinggi Kategori PAAR, Desa Aek Haminjom Kecamatan Arse Kategori Hatinya PKK, Puskesmas Pargarutan dengan Desa Marisi Kecamatan Angkola Timur Kategori Iva Test serta Desa Telo Kecamatan Batangtoru Kategori PHBS yang langsung dikunjungi oleh Ketua TP PKK Provsu. 

Optimisme Ketua TP PKK Tapsel tersebut cukup beralasan, karena selama ini semua Desa Di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapsel sebagai peserta lomba, telah diupayakan semaksimal mungkin agar semuanya memenuhi Indikator Lomba dan telah dilakukan Pembinaan sesuai dengan Rentang Kendali 6-9-12 yang selama ini telah dilaksanakan, bahkan jumlah Pembinaannya telah melampaui ketentuan Rentang Kendali. 

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH dalam sambutannya 
mengucapkan, selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Tim Monitoring dari Provsu yang langsung dipimpin oleh Ketua TP PKK Provsu. 

Syahrul juga mengatakan, bahwa akselerasi dan gerakan PKK sangat dibutuhkan untuk mendukung Pembangunan di semua lini menuju masyarakat yang sejahtera. 

"Seperti yang kita lihat di Desa Telo, sekarang ini pola pikir dan perilaku masyarakatnya 100% sudah berubah setelah ditetapkannya Desa ini sebagai Desa Binaan Kategori PHBS. Dimana, Dua Tahun lalu masyarakatnya sangat sedikit sekali yang memiliki Jamban, tapi sekarang setelah dijadikan sebagai Desa Binaan yang melibatkan semua Stakeholder termasuk Karang Taruna, Desa Telo ini sekarang telah menjadi Desa Percontohan Stop BABS dan menjadi Desa Binaan Kategori PHBS mewakili Tapsel di Tingkat Provinsi", ujarnya. 

Untuk itu, pihaknya mengajak semua Elemen masyarakat dan Stakeholder terkait, agar dalam melakukan semua pekerjaan dibarengi dengan niat yang tulus ikhlas agar kita semua bisa menjadi bahagian dari pelaku sejarah. 

Disisi lain, Ketua TP PKK Provsu Ny Kartika Eko Subowo dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang luar biasa atas semangat Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel yang terus aktif turun secara langsung melakukan pembinaan dan bahkan telah melampaui Rentang Kendali. 

Dia mengingatkan, terpenting dalam monitoring tersebut kondisi Desanya harus sesuai dengan Indikator Penilaian yang tujuan utamanya adalah harus mampu melaksanakan fungsinya sebagai Desa Binaan. 

Kunjungan Monitoring tersebut 
diisi dengan wawancara Ketua TP PKK Desa Telo dan sesi tanya jawab. Tim Monitoring juga berkesempatan melihat pertunjukan Bazar UP2K PKK Desa Telo, serta meninjau langsung Kantor Kepala Desa Telo. 

Pada kesempatan tersebut, Tiga Kecamatan menyerahkan Laporan Kegiatan Desa Binaannya kepada Tim Monitoring dari Provinsi, yakni Kecamatan Angkola Barat, Tantom Angkola dan Kecamatan Angkola Sangkunur. 

Turut hadir dalam acara tersebut Tokoh Sumut H Samsul Qomar, Pimpinan PT AR, PTPN 3, Perwakilan dari Bank Sumut, Bank BRI, Bank BNI, Pimpinan OPD Tapsel, Camat, Forkopimcam, PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa Telo, BKMT, Ketua MUI Kecamatan, Karang Taruna, Kepala Desa se-Kecamatan Batangtoru dan Tokoh Masyarakat Desa Telo. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: