Ma’ruf Amin Dampingi Jokowi di Pilpres 2019, Mahfud MD Legowo

/ Kamis, 09 Agustus 2018 / 22.13.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-JAKARTA-Kyai Ma’ruf Amin diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menghadapi perhelatan Pemilihan Presiden RI Tahun 2019 mendatang. Jokowi yang mengaku telah mendapatkan persetujuan partai koalisi mengumumkan nama Ketua Umum MUI ini, Kamis (9/8/2018) di Jakarta.

“Saya telah memutuskan dan mendapat persetujuan dari Partai Koalisi Indonesia Kerja yang mendampingi saya adalah Profesor Kyai Haji Ma’ruf Amin,” kata mantan Walikota Solo dan mantan Gubernur DKI Jakarta ini di Kawasan Menteng Jakarta.

Jokowi menilai KH Ma’ruf Amin sosok tokoh agama yang bijaksana dengan sederet prestasi gemilang dari mulai anggota DPRD, DPR, MPR, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Rais ‘Aam PBNU hingga menjadi Ketua Umum MUI.

Dinilai Jokowi, duetnya dengan KH Ma’ruf Amin saling melengkapi hingga menjadi Nasionalis-Relijius. “Kami saling melengkapi. Nasionalis-Relijius,” ungkapnya dalam deklarasi yang dihadiri, Ketum PDIP Megawati Soekarno Puri, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Nasdem Surya Paluh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Romahurmuziy, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Deklarasi Jokowi-Ma’ruf Amin memang banyak mengejutkan berbagai kalangan, namun dipastikan sejak awal mantan Ketua Dewan Syuro PKB tahun 2009 ini menyampaikan dukungannya atas pencalonan kembali Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Ma’ruf Amin selalu memuji sosok Jokowi sebagai pemimpin yang rendah hati dan tawadu yang dalam kepemimpinannya dinilai banyak memberikan perubahan yang positif. “Jokowi memiliki pemahaman agama Islam yang baik, Ibadahnya bagus, silaturahmi dengan tokoh agama baik, Tawadu dan banyak membuat perubahan positif,” papar Kyai yang dikenal dari keturunan petinggi Nahdatul Ulama ini.

Sebelum diumumkannya nama Kyai Ma’ruf Amin, nama Mahfud MD sempat mencuat menjadi pendamping incumbent Presiden RI ini. Namun mendapari dirinya batal menjadi Cawapres, mantan Ketua MK RI ini mengaku legowo demi kebaikan bangsa. “Bukan soal nama Ma’ruf Amin atau Mahfud MD. Demi kebaikan bangsa dan Negara Indonesia kita harus terima,” kata Mahfud MD dilansir beberapa media nasional.

Bahkan Mahfud MD telah menyampaikan kesiapannya menjadi pendamping Jokowi dalam Pilpres 2019 dalam acara live di televisi Nasional. Namun nama Mahfud MD tergeser oleh KH Ma’ruf Amin. (PS/NET)


   
Komentar Anda

Terkini: