Muspida Plus Bersihkan Bangunan Liar Disepanjang Jalan Dan Trotoar Puncak Gundaling

/ Minggu, 12 Agustus 2018 / 20.31.00 WIB
Pantau : Camat, Danramil, Polsek Kecamatan Simpang Empat dan Satpol PP, Turut Memantau Dan Mengarahkan Personil Dalam Pembongkaran Kios Dan Lapak Di Pinggir Jalan Dan Diatas Trotoar Daerah Objek Wisata Puncak Gundaling. (POSKOTA/BUDIMAN S)

POSKOTASUMATERA.COM - KARO - Pemerintah Desa Gongsolini dibawah kendali Sahmidun Sitepu gelar gotong royong dalam rangka menjelang HUT RI Ke 73 di wilayah Desa Gongsol Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, Rabu (8/7/2018).

Aktifitas tersebut, dimulai dari Lingkungan sekitar rumah penduduk hingga ke Pasar Besar (Jalan Gundaling) mengarah ke Objek Wisata Puncak Bukit Gundaling.

Dalam giat bersih ini, Kepala Desa bekerja sama dengan Muspika Plus Kecamatan Merdeka untuk menggelar Pembongkaran Kios dan Lapak Tuak  warga yang menyalahi tata bangunaan dan mengganggu keindahan menuju Bukit Gundaling, dimana bangunan tersebut berada di Bibir Jalan atau di Atas Trotoar dan sangat mengganggu Pengguna Jalan serta merusak Estetika Lingkungan.

Awalnya, sekitar Pukul 08.30 Wib, terjadi penolakan oleh warga yang menempati Kios dan Lapak yang menyalahi aturan tersebut. Namun, dengan memberi pemahaman yang baik dan benar, serta jauh sebelumnya Pemerintah Desa telah melakukan Sosialisasi terkait keberadaannya, akhirnya Satpol PP beserta Aparat Desa dan Muspika dapat melakukan Pembongkaran Kios dan Lapak dimaksud, situasipun bisa di atasi dengan baik oleh Kepala Desa Gongsol.

''Pembongkaran Pemukiman warga yang menyalahi ini, sudah beberapa waktu lalu saya sosialisasi serta menjalin pendekatan, agar ditertipkan demi terciptanya lingkungan kita ini bersih", ujar Sahmidun.

Ditambahkannya lagi, dalam Pembongkaran Warung tersebut,  Pemerintahan Desa juga meminta bantuan kepada Muspika Plus termasuk Satpol PP Kabupaten Karo, personil TNI dan Kepolisian untuk menjaga hal - hal yang tidak diinginkan.

Atas dilakukan Pembongkaran Pemukiman Liar di Sepanjang Jalan atau di Atas Trotoar itu, Kepala Desa Gongsol akan memberikan santunan berupa Uang Saku Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah) per bangunan atau rumah yang di jadikan tempat tinggal sekalian warung usaha tersebut. 

''Secara pribadi, Saya berikan per Kepala sebesar Rp. 1.000.000,-, ini bukan dari Dana Desa atau dari Kas Desa, tapi ini saya berikan dari Uang Pribadi Saya, serta saya membantu untuk mengarahkan Lokasi Usaha mereka di Kawasan Puncak Gundaling", tambah Sahmidun.
Camat Merdeka Teang Ukur Surbakti saat diminta tanggapannya terkait hal ini mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Desa Gongsol sangat positof untuk menjaga lingkungan bersih dan nyaman. 

"Ya memang harus kita laksanakan giat ini, terlebih menjelang HUT RI Ke 73 nanti", ujarnya. (PS/BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: