PKS PTPN IV Ajamu Diduga Masih Buang Limbah Ke Sungai Barumun

/ Sabtu, 25 Agustus 2018 / 23.10.00 WIB
Limbah Produksi PKS PTPN IV Kebun Ajamu Yang Diduga Dibuang Ke Sungai Barumun. POSKOTA/OKTA

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN IV Kebun Ajamu Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu, diduga hingga sampai saat ini masih membuang Limbah ke Sungai Barumun. 

Akibatnya, membuat masyarakat Ajamu, khususnya yang bermukim disekitar PKS tersebut, meradang, resah dan khawatir. Hal ini dikarenakan, Sungai Barumun yang selama ini dijadikan sebagai Pusat MCK masyarakat, tidak lagi dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari - hari. Disamping itu, akibat tercemarnya Air Sungai Barumun, warga juga tidak dapat lagi menikmati hasil Sungai Barumun, karena diperkirakan, tidak ada kehidupan Biota Air di dalam Sungai Barumun. 

Salah seorang warga Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu, Aminullah Harahap saat dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, bajwa saat ini air Sungai Barumun sudah tercemar Limbah Hasil Produksi PKS PTPN IV Kebun Ajamu. Akibatnya, Nelayan Tradisional di Daerah itu sulit mendapatkan ikan.

Ungkapan serupa juga dikatakan Ketua PAC PP Panai Hulu M Juah Tarigan, bahwa PKS PTPN IV Kebun Ajamu diduga membuang limbahnya melalui parit - parit kecil di Areal Hak Guna Usaha (HGU) menuju Sungai Barumun.

Ia juga mengatakan, terkait hal ini pihaknya telah mempertanyakan langsung ke Manager PKS PTPN IV Kebun Ajamu. Namun, jawaban yang diberikan tidak tidak mencerminkan selaku seorang pejabat BUMN.

"Semua masyarakat Kecamatan Panai Hulu ini mengetahui PTPN IV Kebun Ajamu itu buang limbahnya ke Sungai Barumun. Dan pembuangan limbah Produksi itu sudah Sesuai Prosedur", ucap Juah menirukan ucapan Mengerjakan PTPN IV Ajamu.

Juga juga menjelaskan, bahwa hasil croschek yang dilakukannya tentang Pembuangan Limbah tersebut, ditemukan di dalam areal HGU PTPN IV Kebun Ajamu Parit yang sengaja dibuat mengarah ke Sungai Barumun. Menurutnya, Parit tersebut diduga berisikan Endapan Limbah Produksi yang mengeluarkan Bau Busuk. 

Pejabat SDM PKS PTPN IV Kebun Ajamu Aulia Pakpahan, saat dikonfirmasi Wartawan di Ajamu, Jum'at (24/8/2018),  terkait ini setali diua uang dengan Manager  PKS PTPN IV Ajamu dengan mengatakan, bahwa Limbah Hasil Produksi PKS PTPN IV Kebun Ajamu telah memenuhi syarat dan sesuai dengan prosedurnya. 

Namun, ketika dipertanyakan sejauh mana dan bagaimana Proses Prosedur dan Syarat Pembuangan Limbahnya tersebut, Aulia berkilah, serta tidak dapat merinci prosedur dan ketentuan Proses Pembuangan Limbah Hasil Poduksi PKS PTPN IV Kebun Ajamu dimaksud.

"Pembuangan Limbah itu sudah sesuai dengan prosedur. Tapi saya tidak mengetahui berapa jumlah Kolam Limbah dalam Land Application (LA) nya", ucapnya. (PS/OKTA)
Komentar Anda

Terkini: