Semarak HUT RI ke 73 di Padang Bulan

/ Selasa, 21 Agustus 2018 / 02.00.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN
Semarak peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus ternyata masih terus berlanjut di Padang Bulan, Medan.

Serikat Tolong Menolong (STM) Berkualitas Sedap Malam 1 yang mencakupi dua kelurahan yakni Kelurahan Simpang Kata dan Kelurahan Kuala Bekala, Padang Bulan, bahkan menggelar peringatan 17-an hingga tanggal 20 Agustus malam.

Ketua Panitia peringatan 17 Agustus, Armanda Purba, bersama Ketua STM Berkualitas Sedap Malam1, Drs Moses Barus MPd, dalam penjelasannya kepada wartawan, Senin malam (20/8), di Jalan Bunga Sedap Malam 1 Padang Bulan, mengatakan, berbagai kegiatan perlombaan dan hiburan bagi masyarakat mereka siapkan untuk memeriahkan peringatan  17-an tahun ini.

“Kami sengaja mengadakan berbagai perlombaan untuk peringatan Kemerdekaan RI tahun ini mulai tanggal 17 hingga puncaknya tanggal 20 Agustus. Ini dimaksudkan agar suguhan hiburan yang bisa kita berikan kepada masyarakat lebih panjang. Kalau di tempat-tempat lain mungkin di tanggal 17 saja sudah berakhir, tapi kita tidak. Kita buat beda dengan daerah yang lain, meski mungkin perlombaan-perlombaan yang di suguhkan mungkin saja sama,” kata Armando.

Dijelaskan Armando, perlombaan yang mereka adakan yakni perlombaan untuk anak-anak, seperti lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke botol, lompat karung, lomba tangkap belut, ambil koin yang dilumuri oli.

Berbagai perlombaan lain juga ada untuk kalangan remaja, ibu-ibu dan kaum bapak-bapak, mulai dari lompat karung, tarik tambang dan lainnya.

“Yang paling meriah itu lomba panjat pinang, karena kita adakan untuk semua katagori, anak-anak laki-laki dan perempuan,po remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak. Dan peserta yang mengikutinya sangat banyak. Setiap lingkungan dari 2 desa mengirimkan pesertanya untuk setiap perlombaan yang kita adakan,” ujar Armando.
Puncak acaranya, lanjut Armando, diadakan pada Senin malam, yakni penyerahan hadiah untuk berbagai perlombaan dan acara hiburan berupa keyboard.

“Masyarakat yang hadir sangat ramai hingga mencapai ribuan orang, dan semuanya sangat bergembira, sehingga membuat kami sebagai penyelenggara merasa senang,” ujar Armando.

Sementara itu, Ketua STM Berkualitas, Drs Moses Barus MPd, menyatakan, semua kegiatan baik perlombaan maupun acara hiburan murni swadaya dari seluruh anggota STM Berkualitas Sedam Malam 1 yang jumlahnya mencapai ratusan Kepala Keluarga, tanpa sedikitpun ada meminta bantuan dari pihak manapun.

“Ini semuanya murni dari hasil swadaya kita sendiri sesama anggota STM yang ada di 2 Kelurahan yakni Kelurahan Simpang Kata dan Kelurahan Kuala Bekala. Kegiatan ini kita adakan sebagai rasa syukur dan terima kasih kita atas upaya dan perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa ini. “Jadi kita perlu mengisi kemerdekaan kita ini dengan berusaha mewarisi semangat perjuangan para pendiri bangsa,” katanya.

Butuh Perbaikan Jalan
Disebutkan Moses, para pendiri bangsa memiliki cita-cita yang sangat luhur, yakni bagaimana mensejahterakan rakyat, terbebas dari penjajahan dalam bentuk apapun dan adanya pemerataan pembangunan.
“Jadi kita juga sangat berharap, setelah Indonesia merdeka selama 73 tahun, ada pemerataan pembangunan, ada perbaikan jalan-jalan yang rusak. Seperti di daerah kami ini, kami juga sangat berharap ada perhatian dari Bapak Camat serta Bapak Walikota dan instansi-instansi terkait, utamanya untuk perbaikan jalan-jalan di lingkungan kami di 2 Kelurahan ini karena telah banyak yang rusak,” jelas Moses.

Ditambahkan Moses, pihaknya pun telah berulang kali mengajukan permohonan untuk perbaikan jalan-jalan lingkungan ke pihak Kelurahan dan Kecamatan, namun hingga kini belum ada tanggapan.

“Kami berharap kedepan ini ada perhatian dari instansi-instansi terkait, karena jalan lingkungan yang sudah banyak rusak parah ini dikhawatirkan bisa membahayakan masyarakat setempat pengguna jalan. Karena jika turun hujan selalu tergenang dan banjir akibat saluran-saluran drainase nya juga sudah banyak yang tidak berfungsi,” tandas Moses. (PS/HASAN BASRI)
Komentar Anda

Terkini: