Abaikan Keselamatan Pelayaran, Tim F1QR Lanal Tangkap KM Tello

/ Jumat, 07 September 2018 / 12.14.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-NIAS-Mengantisipasi keselamatan pengguna jasa angkutan laut ajibat ulah pemilil kapal yang mengabaikan keselamatan penumpang, Tim F1QR Lanal Nias menangkap Kapal Kayu nama lambung KM Tello yang berlayar di perairan Telukdalam Nias Selatan, Kamis (6/9/2018).

Kepala Penerangan Lanal Nias Mayor Jayusman SH dalam keterangan persnya, Jumat (7/9/2018) menyebutkan, saat dihentikan kapal tersebut sedang berlayar dari Pelabuhan Pulau Tello menuju Telukdalam dengan membawa 70 orang penumpang.

"Tim F1QR melaksanakan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal, dari hasil pemeriksaan ditemukan bahwa manifes kapal tidak sesuai dengan muatan (Untuk manifes tertulis manifes barang bukan penumpang)," ujarnya.

Akhirnya kapal ditangkap karena telah melanggar Undang-undang RI No 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Untuk proses lebih lanjut Kapal dan Nakhoda serta crew diamankan di Pelabuhan Lama Telukdalam Nias Selatan.

Mengantisipasi kecelakan laut akibat cuaca ektrim belakangan ini, Lanal Nias sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi pentingnya kelengkapan keselamatan di kapal kapal penumpang.

Lanal bahkan telah merangkul pemerintah dan pelaku usaha dalam mensosialisasika keselamatan penumpang di berbagai kegiatan.

Namun lolosnya KM Tello yang tak dilengkapi pengaman pelayaran dan manifest riil ditengarai akibat lalainya Nakhoda dan petugas pelabuhan setempat. (PS/REL)
Komentar Anda

Terkini: