Gubsu Ajak Mahasiswa Banyak Ciptakan Karya Produktif

/ Kamis, 13 September 2018 / 01.47.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak semua warga kampus untuk melakukan riset dan inovasi dalam berbagai hal, sebagai bakti dunia akademis terhadap masyarakat dari karya-karyanya. Karya nyata dan pemikiran produktif dibutuhkan untuk membangun daerah ini.

"Marilah memproduksi sebanyak-banyaknya karya, pemikiran, sikap untuk menjadi acuan bagi kehidupan masyarakat dan membangun Provinsi Sumatera Utara," ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, pada saat membuka acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2018-2019 Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Rabu (12/9) di Kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

Edy dalam sambutan tertulisnya juga menyampaikan, di universitas nantinya mahasiswa akan diajari lebih mandiri, diajari cara bersikap dan berprilaku sebagai sebagai seorang calon cendikiawan, calon ilmuan yang relatif dikerjakan sebagai inisiatif diri sendiri. "Menjadi mahasiswa itu artinya menjadi pribadi yang mandiri, tidak lagi banyak diatur oleh orang lain. Tetapi lebih banyak mengatur diri sendiri," sebutnya.

Banyak hal yang harus dipelajari oleh mahasiswa baru, tentang lingkungan kampusnya. Tidk hanya proses belajar, tetapi juga berkenalan dengan teman-teman dari berbagai latar belakang sosial ekonomi. "Pilihlah kehidupan yang berorientasi kepada kehidupan masa datang. Kehidupan masa datang yang tidak dapat diprediksi. Karena itu disarankan agar adik-adik mengembangkan kapasitas diri, sehingga pekerjaaan baru pada masa datang dapat diikuti dan dikerjakan dengan baik," katanya.

Edy juga berpesan kepada mahasiswa untuk tidak melupakan beribadah kepada Tuhan, kepekaan sosial dan selalu menggunakan moralitas atas apa yang sedang dikerjakan dan diamana pun berada. "Kuliah jangan hanya mengejar gelar, karena output kuliah adalah pengabdian pada masyarakat, bangsa dan negara, dan juga menjadi orang yang profesional," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah sebelum membacakan sambutan Gubernur, menyampaikan kepada para mahasiswa baru agar tidak menyia-nyiakan waktu. Karena waktu itu tidak bisa diulang. “Mahasiswa yang lulus tepat waktu dapat memberikan dampak positif bagi kampus maupun negara,” ujarnya.

Positif bagi kampus, karena semakin tepat waktu orang belajar di kampus, akan semakin dinamis dan baik regulasi di kampus tersebut. Buat negara keuntungannya adalah semakin banyaknya tenaga produktif yang segar dan cerdas untuk ikut serta menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. "Isilah waktu dengan kegiatan yang positif dan produktif. Mudah-mudahan dengan demikian akan tercipta Sumut yang bermartabat dan maju ke depan," ujar Wagub.

Musa Rajekshah juga berharap para mahasiswa mempunyai cita-cita menjadi pemimpin dan dapat menciptakan lapangan kerja. "Tamat kuliah ciptakanlah lapangan kerja, tidak terlalu berharap menjadi karyawan (pekerja)," sebutnya.

Rektor UISU Prof Dr Ir Mhd Asaad MSi mengatakan, bahwa UISU saat ini mengasuh 34 program studi (Prodi) yang terdiri dari 28 program sarjana, 1 program profesi dan 5 program magister. “Insya Allah dalam waktu dekat kita akan membuka program S3 Hukum dan Ilmu Manajemen. Ini obsesi kita semua karena tahun 2052 sudah 100 tahun UISU ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Asaad juga mengapresiasi kedatangan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, yang juga sebagai Ketua Ikatan Alumni UISU. “Mudah-mudahan kehadiran Bapak Wagubsu akan bisa membangkitkan semangat bagi seluruh civitas akademika UISU, untuk dan bisa mengembangkan UISU menjadi perguruan tinggi yang Islami, handal, teruji, bermartabat dan dicintai masyarakat dan diridhoi Allah SWT,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan acara terhadap Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah oleh Rektor, Ketua Yayasan, Ketua Pembina Yayasan, Pengawas dan Pengurus Yayasan serta Ketua BEM UISU sebagai ucapan syukur atas terpilihnya alumni UISU sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Turut Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Pembina Yayasan T Hamdy Osman Delikhan Al-Hajj, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof Dr H Zainuddin MPd, Ketua Pengawas Yayasan Syahruzal SH, seluruh Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, Kadis Pendidikan Provsu Dr Arsyad Lubis, Ketua BEM UISU M Fajar Dalimunthe dan seluruh mahasiswa UISU. (PS/HASAN BASRI)
Komentar Anda

Terkini: