Kunci Kemajuan Pembangunan Sumut, Tingkatkan PAD

/ Rabu, 26 September 2018 / 20.14.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - MEDAN - Mantan Kepala Dinas Pendapatan Kota Medan, Drs H Syahrul Harahap MAP menegaskan, kunci kemajuan pembangunan di Sumatera Utara (Sumut) adalah ditingkatnya pendapatan asli daerah (PAD). Dengan PAD yang meningkat, modal untuk membangun itu besar.

“Untuk membangun perlu dana. Dana itu bisa di cari sumber-sumbernya, tapi utamanya dari PAD. Dan pendapatan asli daerah di Sumut itu masih banyak sumbernya yang bisa digali. Untuk itu perlu sentuhan ahli,” tegas Syahrul yang juga caleg DPRD Sumut dapil Sumut 3 (Deliserdang) dari Partai Gerindra, kepada wartawan, Rabu (26/9) di Medan.

Syahrul mencontohkan indahnya Kabupaten Deliserdang dari sisi pariwisata akan sangat menjanjikan peningkatan PAD. Selain tentunya sumber-sumber yang sudah tergali namun belum maksiman selama ini. “Dan itu semua perlu penanganan oleh orang yang mengerti betul dan berpengalaman bagaimana cara dalam meningkatkan PAD,” kata mantan Kadispenda Medan ini.

Intinya, kata Syahrul, kepercayaan masyarakat perlu dibangun sehingga dapat diajak bersama membangun daerahnya. Hal ini pernah dibuktikan Syahrul saat memimpin Dinas Pendapatan Kota Medan untuk priode 2010 - 2012, PAD mengalami peningkatan yang signifikan selama diawakinya.

“Awal saya masuk, PAD Kota Medan itu hanya Rp 400 miliar. Tapi setelah saya pimpin Dispenda Medan, PAD nya meningkat 300% menjadi Rp 1,2 triliun. Dan setiap tahunnya itu selalu over target,” jelasnya.

Kuncinya, tambah Syahrul, adalah adanya keseriusan dan berani berinovasi untuk menggali sumber-sumber yang ada. Untuk bisa mengetahui berbagai potensi sumber PAD yang ada dan belum tergarap maksimal, haruslah turun langsung ke masyarakat.

“Itulah kenapa sekarang saya ingin berada di legislatif, agar ide-ide dan pengalaman saya dalam menggali potensi daerah itu dapat saya berikan sekaligus dapat saya awasi,” pungkasnya. (PS/HASAN BASRI)
Komentar Anda

Terkini: