Masyarakat Apresiasi Kinerja Kepala Desa Joring Natobang

/ Sabtu, 08 September 2018 / 21.20.00 WIB
Kades Joring Natobang/Pokenjior (Kanan) Sedang Bincang - Bincang Agar Seluruh Desa di Kota Padangsidimpuan menjadi Mandiri. POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - PADANGSIDIMPUAN - Dinilai punya kinerja baik memberdayakan Aparat Desa demi mencapai cita cita yaitu Desa Mandiri, Transparan pada Penggunaan Anggaran Dana Desa pada Program Pemerintah Pusat melalui APBN, masyarakat Desa Joring Natobang/Pokenjior, Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu mengapresiasi dan mendukung kinerja Kepala Desa (Kades) Andi Aryanto Harahap.

Seperti yang diungkapkan warga setempat Devi Afriani Lubis didampingi warga lainnya kepada POSKOTASUMATERA.COM, Jum'at  (7/9/2018) menyebutkan, bahwa sampai sejauh ini, kinerja Kades cukup memuaskan. Hal itu bisa dibuktikan melihat kedekatan Kades dengan warganya yang selalu menjaga hubungan baik dan tetap menjalin silaturahmi tanpa ada membeda-bedakan, serta selalu tanggap terhadap apa yang terjadi di Desa, apalagi menyangkut urusan warga.

Ditanya soal Penggunaan Anggaran Dana Desa, warga pun mengaku, Kades dinilai sudah transparan dalam penggunaannya. Terbukti, setiap Dana Desa akan turun, pihak Kades bersama Perangkat Desa selalu mengundang  warga Desa untuk di berikan penjelasan tentang berapa besar Dana Desa yang turun dari Pemerintah Pusat.

Devi menambahkan, bahwa hal itu termasuk kemana saja Dana Desa digunakan. Dan yang lebih dibutuhkan secara Prioritas di Desa, sesuai dengan hasil keputusan Musrembang Desa.

Sekretaris Apdesi Kota Padangsidimpuan ini juga sangat peduli terhadap Desa lain, terbukti bila ada Aturan dan Peraturan Tentang Desa Mandiri selalu di Sharekan ke Desa lain agar semua Kepala Desa tahu bahwa Desa itu berhak mengelola Desa sendiri tanpa ada intervensi dari siapapun, sehingga diharapkan seluruh Desa di Kota Padangsidimpuan bisa mandiri dalam Mengelola Dana Desa.

Di mana, Andi Aryanto juga selalu menjaga hubungan baik dan silaturahmi, baik kepada warga, Perangkat Desa dan BPD setempat. Dan setiap tahunnya selalu membuat acara syukuran, tujuannya agar hubungan baik di antara warga dengan Kades atau Perangkat Desa tetap terjaga, serta mengundang Tokoh Masyarakat. Begitu juga Desa lain sangat simpatik kepada Kades karena terus memberikan informasi yang berkembang kepada Desa lain melalui Whatsapp.

Devi  juga memaparkan, seluruh Kadus yang ada di Desa Joring Natobang,  selalu rutin melakukan Rapat Koordinasi bersama Kades dan Perangkat Desa lainnya. Tujuannya, agar setiap Kadus memberikan laporan terhadap perkembangan atau situasi Desa.

"Rapat Koordinasi selalu kami laksanakan dengan Kades untuk melaporkan apa-apa saja perkembangan atau situasi Desa. Ini sangat kami sambut dengan baik", ujarnya.

Menanggapi hal ini, Kades Joring Natobang Andi Aryanto mengatakan, sebagai Kades yang sudah dipilih oleh warga, sudah seharusnya memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan, dengan tetap menjalin hubungan baik di tengah-tengah masyarakat. 

"Saya tetap merangkul seluruh warga yang memilih dan yang tidak memilih saya", ujar Andi.

Saya juga bertekad akan menjadikan Desa Joring Natobang menjadi Desa yang Mandiri. Terkait penggunaan Anggaran Dana Desa, pihaknya bersama Perangkat Desa selalu memberikan penjelasan dengan transparan kepada warga berapa Dana Desa yang diterima dan kemana penggunaanya.

"Ini supaya tidak ada anggapan dari masyarakat itu sendiri ada penyimpangan yang dilakukan oleh Kades terhadap Penggunaan Dana tersebut. Tentunya, dengan mengundang seluruh masyarakat agar hadir di rapat Musrembang Desa", unarnya.

Namun sebelumnya, tambahnya, para Kadus sudah disarankan agar melakukan rapat bersama di Dusun masing-masing. Ini untuk membahas apa saja yang lebih dibutuhkan warga untuk dibangun sebelum diputuskan di Musrembang Desa.
Menurut Andi, selaku Sekretaris Apdesi Kota Padangsidimpuan, bukan hanya Desa sendiri yang akan dimajukan, namun pihaknya bertekad seluruh Desa di Kota Padangsidimpuan ini harus Maju dan Mandiri. Setelah Walikota terpilih nanti dilantik, Pengurus Apdesi Kota Padangsidimpuan akan dilantik juga. 

Terkait keabsahan Apdesi Kota Padangsidimpuan yang sempat menjadi bahan pembicaraan, Ia mengakatakan, sudah mempunyai legalitas dan terdaftar pada Menhukam. Dan Apdesi Kota Padangsidimpuan sudah didaftarkan di Kesbang Politik Kota Padangsidimpuan dan direncanakan Apdesi akan mengadakan Bimtek kepada seluruh Kepala Desa agar menjadi Desa Mandiri.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: