Pemerintah Desa Panobasan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa

/ Sabtu, 29 September 2018 / 07.17.00 WIB
Suasana Pelatihan Peningkatan Kapasitas Karangtaruna Desa Berjalan Lancar Di Kantor Kepala Desa Panobasan, Jum'at (28/9/2018). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Pemerintah Desa Panobasan Kecamatan Angkola Barat melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa, bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Panobasan, Jum'at (28/9/2018).

Turut hadir dalam Kegiatan Pelatihan, Kepala Desa Panobasan Abdollah Pane,  Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Aparat Desa, Camat Angkola Barat Maruhum Hot Taufik SSos diwakili Sekcam, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Ahmad Bangun Ritonga SE, Sekretaris Karang Taruna Tapsel.

Dengan menghadirkan Narasumber yakni Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Ahmad Bangun Ritonga SE. Acara dipandu Moderator Heri Simanjuntak. 

Kepala Desa Panobasan Abdollah Pane dalam arahannya menyampaikan, adapun tujuan dari acara tersebut digelar agar Karang Taruna Desa Panobasan lebih mandiri dipandu Narasumber dari Ketua Karang Taruna Tapanuli Selatan. 

"Mudah - mudahan dengan acara Pelatihan ini ada tinggal ilmunya bagi peserta Karang Taruna Desa. Setelah pelatihan, nanti peserta tahu apa Tupoksinya dalam Organisasi  Karang Taruna dan Fungsi Karang Taruna. Dan jika ada hal yang kurang dimengerti, disinilah kita tanyakan nantinya kepada Narasumber. Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap agar ada perubahan bagi kita semua", ucap Abdollah

Sedangkan Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Ahmad Bangun Ritonga SE dalam paparannya mengucapkan, banyak terimakasih kepada Pemerintah Desa yang telah mengalokasikan Dana Desa untuk Melatih Pemuda Karang Taruna Desa.

Menurutnya, melalui Karang Taruna bagaimana caranya agar Karang Taruna bisa mandiri di Desa dan untuk membangun Desa harus memberikan Kontribusi positif bagi Kepala Desa. 

"Melalui acara ini saya sampaikan, tidak ada paksakan untuk berorganisasi Karang Taruna. Bila tidak ada manfaatnya bagi adek - adek Karang Taruna, silahkan memgundurkan diri", sebut Ahmad.

Camat Angkola Barat Maruhum Hot Taufik SSos diwakili Sekcam saat membuka acara Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Karang Taruna menyampaikan, bahwa Karang Taruna sudah berkiprah selama 58 Tahun, sejak 28 September 1960 dan sudah 58 tahun berdiri di Negara Republik Indonesia.

Taufik berharap, jangan setelah selesai bimbingan dan arahan dari Narasumber tidak ada ilmu yang diperoleh. 

"Untuk itu diminta agar Pelatihan Karang Taruna ditingkatkan untuk Tahun - Tahun depan, sehingga Karang Taruna Desa lebih mandiri. Perlu kita ketahui  bahwa Desa Panobasan adalah Desa Binaan di Bidang Adminstrasi", kata Taufik.

Taufik mengajak, semua untuk bersama - sama mencari gagsan baru dari Karang Taruna. Bahwa Karang Taruna itu bukan harus Naposo dan Nauli Bulung yang sudah kawinpun bisa menjadi Anggota Karang Taruna 

"Saya jelaskan, bahwa Karang Taruna adalah suatu Organisasi Sosial yang  bermasyarakat. Dibawah Karang Taruna ini adalah NNB dan masyarakat. Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim  Acara Peningkatan pelatihan Karang Taruna Desa Panobasan secara resmi  saya buka", sebut Taufik. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: