Akhyar Ingin LPM Teropong Jadi Pelopor Edukasi Berbahasa yang Baik

/ Senin, 29 Oktober 2018 / 00.58.00 WIB




POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Wakil Walikota Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si menginginkan Lembaga Pers Mahasiswa menjadi pelopor dalam mengedukasi masyarakat untuk menggunakan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena bahasa merupakan  salah satu identitas bangsa yang harus tetap dipergunakan baik dalam tulisan ilmiah, jurnalistik bahkan di dalam percakapan sehari-hari.
             
Hal ini disampaikannya ketika menerima audiensi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong UMSU di Ruangan Wakil Walikota, Jumat (26/8). Adapun tujuan LPM Teropong melakukan audiensi dalam rangka penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik (PPDJ) Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh LPM Teropong.
             
Dikatakan Wakil Walikota, sekarang ini banyak warga masyarakat terutama generasi muda yang mulai melupakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, pasalnya semakin banyak juga bahasa-bahasa yang tercipta dari pergaulan kekinian.
             
“Bahasa Indonesia merupakan jati diri bangsa, untuk itu kita harus terus pergunakan dalam keadaan apapun, baik dalam karya tulis ilmiah, jurnalistik bahkan jika memungkinkan dalam percakapan sehari-hari. Saya berharap Pers Mahasiswa seperti Teropong UMSU ini dapat menjadi pelopor untuk itu, “ ujar Wakil Walikota.
              
Disamping menjadi pelopor dalam penggunaan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Wakil Walikota juga berharap LPM Teropong juga dapat menjadi corong pembangunan dalam hal mengedukasi masyarakat untuk dapat sama-sama membangun dan menata kota. Pasalnya, tambah Wakil Walikota, Pers Mahasiswa adalah wadah yang memiliki potensi dan daya kreatifitas serta inovasi yang tinggi.
               
“Pers Mahasiswa ini merupakan wahana untuk berkarya bagi mahasiswa yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif, untuk itu saya berharap melalui tulisan-tulisan yang diterbitkan, LPM Teropong dapat juga memasukkan unsur edukasi kepada masyarakat agar lebih berperan aktif dalam pembangunan dan penataan kota, salah satunya ajakan-ajakan untuk menjaga kebersihan melalaui gotong-royong dan pengaktifan kembali keamanan lingkungan,” harap Wakil Walikota.
              
Mengacu kepada hal itulah, lanjut Wakil Walikota, dirinya atas nama jajaran Pemko Medan sangat mengapresiasi digelarnya Pelatihan Dasar Jurnalistik (PPDJ) Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh LPM Teropong UMSU pada 1-5 November 2018 mendatang.
              
“Saya atas nama Pemko Medan sangat mengapresiasi kegiatan bertaraf nasional yang LPM Teropong gelar, hal ini menjadi kesempatan kita bersama untuk lebih mempromosikan Kota Medan kepada rekan-rekan yang berasal dari luar wilayah Kota Medan. Semoga sukses dalam penyelenggaraannya dan seluruh peserta memperoleh ilmu dan pengalaman khususnya di bidang jurnalistik,” Pungkasnya. (PS/RYANT)

Komentar Anda

Terkini: