Dinas Koperasi & UKM Tapsel Gelar Bimtek

/ Sabtu, 20 Oktober 2018 / 21.56.00 WIB
Kadis Perdagangan 
Kabupaten Tapsel Drs A Raja Nasution Sedang Memberikan Pemaparan Di Aula Hotel PIA Jalan Raja Inal, Selasa (16/10/2018). POSKOTA/BERMAWI
POSKOTAAUMTERA.COM - TAPSEL - Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Drs A Raja Nasution MSi dihunjuk sebagai Nara Sumber pada Acara Sosialisasi Bimbingan Teknis pada Pembina Koperasi di Daerah Kabupaten Tapsel, Selasa (16/10/2018) di Aula PIA Hotel Padangsidumpun Jalan Raja Inal Siregar Padangsidimpuan.

Dalam kesempatan itu, Raja menjelaskan, bahwa permaslahan yang muncul dalam Koperasi yaitu Pembina Daerah sering Mutasi, tidak ada Pendidikan Teknis Perkoperasian pada Aparat,  Pembina dan Koperasi Timpang, Pembahasan Koperasi tidak Sistematic.

Menurutnya, Basis Koperasi di Desa yaitu Kepala Desa diminta atau tidak diminta, Kades adalah Pembina Perusahaan Koperasi karena menyangkut Fungsi dan tugas Kepala Desa.

Kedudukannya sebagai Pembina dalam Struktur Organisasi Koperasi, memberikan Pembinaan tentang Fungsi Utama Koperasi, sebagai Agen Perubahan dari cara - cara Pengelolaan Koperasi secara Tradisional menjadi Modern. Fungsi Pengawasan, Memberikan Namun dan Saran kepada Pengurus.

Dikatakannya lagi, bahwa Pembina Koperasi Desa dan Pembina Koperasi Kabupaten Tapsel harus kerjasama. 

"Kita siap melayani Pembina Koperasi bila ada yang kurang dimengerti. Keterbukaan dan Transparan harus ada dalam Koperasi. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: