DP - SPAM Perkim PALI Gelar Rapat Koordinasi Asosiasi Pengelola SPAM & Sanitasi

/ Rabu, 03 Oktober 2018 / 00.37.00 WIB
Kepala DP - SPAM Perkim PALI Suloyono SE Ketika Membuka Rekor Di Hotel Nurtania. POSKOTA/SUHERMAN

POSKOTASUMATERA.COM - PALI - Kepala Distrik Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (DP - SPAM) Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) untuk wilayah Kabupaten PALI Sumatera Selatan (Sumsel) Suloyono SE, secara resmi membuka Pelaksanaan Rapat Koordinasi Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Perdesaan, Selasa (2/10/2018).

Rakor yang berlangsung di Lantai Satu Hotel Nurtania di Bilangan Handayani Mulya ini, membahas isu - isu terkait Pelaksanaan Peran dan Fungsi Asosiasi, antara lain terkait kinerja Kelompok Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS), Akses Pendanaan Air Minum dan Sanitasi (AMS) dari Lembaga Keuangan Desa yang tersebar di Lima Kecamatan di Bumi Serepat Serasan dan juga masalah Data Pemanfaat.

“Hal itu mengingat Tugas dan Fungsinya yang Strategis yaitu menjaga keberlanjutan Hasil Program, maka diperlukan kelembagaan yang kuat dan berkinerja baik, dan Pencanangan Target Akses Universal Air Minum dan Sanitasi perlu didukung oleh berbagai pihak, selain Pemerintah Daerah, Swasta dan Masyarakat", kata Suloyono dihadapan Peserta Rakor.
  
Ia menegaskan, kerja sama ini perlu dilakukan karena menurutnya Strategi yang perlu dikedepankan adalah Kolaborasi oleh berbagai pihak yang terkait dengan Program dan Pendanaan bagi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi untuk secara bersama - sama mendukung Pencapaian Target Akses Universal Air Minum dan Sanitasi.
 
Dikatakannya, untuk mendukung Penyediaan Layanan Air Minum dan Sanitasi sesuai dengan Target Akses Universal, salah satu Program Pemerintah yang diunggulkan untuk Penyediaan Layanan Air Minum dan Sanitasi di Wilayah Perdesaan adalah Program PAMSIMAS, maka Program ini memberikan dukungan baik untuk Investasi Fisik melalui Pembangunan Sarana dan Prasarana, maupun Investasi Non Fisik dalam bentuk dukungan Teknis dan Peningkatan Kapasitas.

Rakor yang dihadiri oleh 44 Kepengurusan Asosiasi dari berbagai Desa yang ada di Kabupaten PALI tersebut, berlangsung selama Dua Hari dan mengundang sejumlah narasumber, untuk memberikan Arahan dan Pembekalan bagi Pengurus Asosiasi. (PS/SUHERMAN)
Komentar Anda

Terkini: