Kades Parsalakan Apresiasi Pembekalan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri Tahun 2018

/ Rabu, 10 Oktober 2018 / 23.55.00 WIB
Suasana Pembekalan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri Tahun 2018 Di Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat, Rabu (10/10/2018). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Kepala Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Surya Darma Siregar memberikan Apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Tapsel melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten atas Pelaksanaan Pembekalan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri kepada Kaum Perempuan  Desa Parsalakan selama 3 Hari di Kantor Kepala Desa, mulai Rabu s/d Jum'at  10 s/d 12 Oktober 2018.

Menurut Surya Darma Siregar setelah Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tapsel melaksanakan Pembekalan Wirausaha diharapkan bisa menekan Angka Kemisikinan sekaligus memperkuat Ekonomi Rakyat di Desa Parsalakan khususnya dan umumnya di Kabupaten Tapsel.

Untuk mewujudkan langkah Pemerintah tersebut, tambah Surya Darma, Disnaker Kabupaten Tapsel bekerja sama dengan Pemerintah Desa Parsalakan menjalankan Program Penciptaan Wirausaha Baru dengan Basis Produk Ekonomi Mikro.

Kades juga berharap, agar Program ini terus berjalan secara berkesinambungan Tahun - Tahun  depan, agar warga masyarakat Desa Parsalakan yang belum ikut Pembekalan Wirausaha bisa secara bergantian untuk mengikutinya.

"Sehingga, masyarakat Desa Parsalakan memahami apa itu Wirausaha. Dengan pelaksanaan Pembekalan terkait Kewirausahaan yang berorientasi memproduksi sesuatu. Dimana outputnya nanti adalah mereka bisa mandiri dalam berwirausaha yang berdampak pada tambah kuatnya Ekonomi masyarakat tersebut", jelas Kades kepada POSKOTASUMATERA.COM usai acara.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tapsel dan Pemerintah Pusat karena sudah membuat Program Penciptaan Wirausaha yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, dalam rangka membangun kemandirian Bangsa secara Ekonomi melalui Kewirausahaan.

"Masyarakat Desa Parsalakan yang mengikuti acara ini diharapkan mendengarkan apa yang disampaikan oleh Pemateri atau Nara Sumber, karena yang  diberdayakan ini juga disebut Tenaga Kerja Mandiri (TKM). Dan Program ini sangat membantu Pemkab Tapsel untuk Pengentasan Kemiskinan juga", katanya.

Dikatakanya, Bidang Wirausaha apa saja yang disampaikan oleh Pemateri agar didengarkan dan ditanyakan hal apa saja yang kurang dimengerti. 

Menurut Kades, Pemateri atau Nara Sumber yang dibawa oleh Disnaker Kabupaten Tapsel sudah termasuk Pakar dibidangnya masing - masing, sehingga banyak ilmu yang bisa kita ambil dari Nara sumber untuk diterapkan di Desa. Dan Program tersebut merupakan wujud kepedulian Pemkab Tapsel pada warga Desa Parsalakan, khususnya para Perempuan untuk menumbuhkan Peluang Berwirausaha. 

"Ini bagian dari wahana Transformasi Pembentukan Sumber Daya Manusia yang ada agar menjadi lebih Kreatif, Inovatif, Kompetitif, serta memiliki Visi dan Misi", tutup Kades. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: