Melalui Dinkes, Pemkab Labuhanbatu Revitalisasi Kader Posyandu

/ Jumat, 05 Oktober 2018 / 18.28.00 WIB
Suasana Revitalisasi Kader Posyandu di Puskesmas Tahun 2018, Di Aula Kantor Camat Bilah Hulu, Senin (1/10/2018). PSOKOTA/OKTA

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Dapat menikmati jaminan dan fasilitas kesehatan adalah hak semua masyarakat, kendatipun demikian, harus di imbangi oleh kemauan dan kesadaran masyarakat, meskipun jaminan di berikan namun jika kemauan serta kesadaran tidak dibangun dalam diri, akan terkesan sia sia.

Untuk dapat melaksanakan Pengawalan dan Pembinaan dalam rangka mengetuk kesadaran untuk menambah ilmu serta pengalaman bagi tentang pentingnya menjaga kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan Labuhanbatu Gelar Kegiatan Revitalisasi Kader Posyandu di Wilayah Puskesmas Tahun 2018, bertempat di Aula Kantor Camat Bilah Hulu, Senin (1/10/2018) lalu.

Dalam kata sambutannya, Camat Bilah Hulu Hamdy Erazona Siregar ST MM melalui Sekcam Bilah Hulu Karminah SSos berharap, lahirnya Permasalahan di Posyandu dapat terselesaikan dan diatasi.

“Kesehatan sangatlah penting, terlebih bagi anak dan balita, namun kendala sekarang ini, banyak orang tua yang enggan membawa anaknya ke Posyandu, dan anak -anak takut untuk hadir di Pasaran", kata Karminah.

Melalui pertemuan tersebut, Ia berharap Kadis Kesehatan kiranya dapat memberikan solusi bagaimana caranya agar orang tua dan Anak Balita mau dan tidak takut lagi untuk hadir ke Posyandu.

Sementara itu, didampingi Kasie Kesga dan Gizi Friska Simanjuntak, Kapus Lingga Tiga dan Camat Bilah Hulu, Kadis Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan SKM MKes. menyampaikan materi berupa Program pentingnya Imunisasi.

“Imunisasi sangat penting bagi anak - anak usia Nol hingga sebelas Bulan, karena Imunisasi dapat mencegah Penyakit bagi diri sendiri dan Penularan Penyakit terhadap sekitarnya", ucapnya.

Dikatakannya lagi, para Ibu Kader Posyandu, hal itu adalah tugas penting bagaimana caranya agar masyarakat mau meringankan langkah untuk mengantar anaknya ke Posyandu dan menciptakan suasana nyaman agar anak - anak tidak takut untuk di ilImunisasi.

Menurutnya, Imunisasi merupakan upaya yang diwajibkan Pemerintah kepada seseorang sebagai bagian dari masyarakat dalam rangka melindungi yang bersangkutan dan masyarakat sekitarnya dari penyakit yang dapat di cegah dengan Imunisasi (PD3i).

“Pelayanan Imunisasi di berikan pada sasaran yang sehat, namun sebelum Pemberian Imunisasi diperlukan Skrining untuk menilai kondisi sasaran", ujar Tinur Bulan.

Di tambahkanya, kesehatan itu memang mahal, tapi lebih mahal jika kita mengobatinya.

“Untuk itu lebih baik menghindari datangnya Penyakit ataupun Virus Bibit Penyakit datang, Kita harus mencegahnya dengan memberikan Pembekalan Awal pada Balita Kita. Ayo, bawa Anak dan Balita Kita ke Posyandu setiap Bulannya dengan mengikuti Program Imunisasi, agar Anak Kita sehat dan jauh dari macam - macam Penyakit", tutur Tinur.

Pembekalan kepada 60 Orang Kader Posyandu dari 7 Desa yang ada di Kecamatan Bilah Hulu, Dinkes Labuhanbatu memberikan soal Pretest sebagai Penambahan Wawasan serta Ilmu Pengetahuan bagi Kader Posyandu Wilayah Puskesmas Lingga Tiga. (PS/OKTA)

Komentar Anda

Terkini: