Menteri Agama Nyatakan Persiapan MTQN di Sumut Sangat Baik

/ Minggu, 07 Oktober 2018 / 23.38.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM – Menteri agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan persiapan yang dilakukan panitia penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII Sumatera Utara sudah sangat baik. Lukman mengungkapkan hal ini setelah mengunjungi lokasi-lokasi yang dijadikan tempat perlombaan MTQN XXVII di Sumatera Utara.

Salah satu tempat yang banyak mendapat perhatian Menteri Agama adalah Astaka di Jalan Williem Iskandar (Jalan Pancing). Tempat ini merupakan pusat dari kegiatan MTQN XXVII termasuk pembukaan dan penutupan. Lukman meninjau ruang kontrol, media center, pameran dan musabaqah cabang kaligrafi. Sepengamatannya, persiapan panitia sudah matang bahkan memiliki inovasi baru membuat tayangan langsung di YouTube. Ada 12 titik live streaming MTQ Nasional 2018 yang bisa disaksikan di YouTube untuk memudahkan masyarakat mengikuti perkembangan musabaqah.

“Dari pengamatan saya persiapannya sudah sangat baik. Saya juga sudah mengunjungi stand-stand yang ada di sini, bahkan saya lihat sudah ada perlombaan yang dimulai, kalau tidak salah kaligrafi dan beberapa perlombaan lainnya,” kata Lukman Hakim Saifuddin di Astaka Jalan Pancing, Minggu (7/10/18).

“Saya juga sudah melihat media centre. Dengan bantuan alat-alat canggih kita semua bisa saksikan langsung acara di semua venue. Mudah-mudahan dengan semua upaya yang kita lakukan ini kualitas MTQ bisa lebih baik dibanding sebelumnya. Bukan hanya soal acara, dewan hakim yang kredibel dan objektif, tetapi lebih penting lagi adalah kualitas peserta sendiri,” katanya.

Dikatakannya, Presiden Jokowi yang sudah berada di Sumut, setelah menghadiri acara di Istana Maimun untuk mengikuti prosesi penyambutan dan pemberian gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri dan bertemu dengan perkumpulan masyarakat Jawa di Deliserdang, juga akan mengunjungi sejumlah Astaka MTQ, dan.pada Minggu malam (7/10), membuka secara resmi MTQN XXVII di Astaka Jalan Pancing, Medan.

Kasubdit Angkutan Orang Perwakilan Direktorat Jendral Perhubungan Darat juga datang ke Sumut untuk memastikan angkutan bus gratis MTQN XXVII yang berjumlah 66 berjalan dengan baik.

Musabaqah sendiri sudah berlangsung di berbagai tempat perlombaan dan akan berakhir pada 11 Oktober 2018. MTQ Kemudian ditutup pada tanggal 12 Oktober oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dan berakhir dengan pemulangan kafilah pada tanggal 13 Oktober 2018. (PS/REL/HAS)



Komentar Anda

Terkini: