Pangdam I BB Buka Latihan Penanggulangan Bencana di Korem 032/WBR

/ Selasa, 23 Oktober 2018 / 00.12.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANG-Pangdam I BB, Mayjen TNI M. Sabrar Fadhillah, Senin (22/10/2018) membuka Latihan Posko I Korem 032/WBR.

Latihan ini digelar di Gedung Indor Korem yang dibuka Pangdam I BB dan dihadiri Danrem 032/WBR Brigjen TNI Murza Agus, SIP selaku Dansatgas PRCPB, Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto dan Danrindam I/BB Kol In Zainuddin.

Hadir juga para Asisten Kabalak Kodam dan staf ahli, BPBD, SAR, Dinas Sosial, Dishub, Kominfo, Kesehatan, Dinas Pendidikan, PU, Bulog dan instansi terkait lainnya.

Latihan yang diikuti oleh seluruh Personel Staf Korem 032/Wbr ini dilaksanakan bertujuan untuk melatihkan prosedur kerja hubungan Komandan dan staf serta melatih koordinasi dengan seluruh  instansi yang terlibat dalam penanggulangan bencana.

Pangdam I BB menyampaikan, latihan penanggulangan bencana ini sangat penting dilaksanakan disamping untuk melatihkan kemampuan prajurit juga dimaksudkan untuk mengantisipasi apabila sewaktu waktu terjadi  bencana baik gempa, tsunami tanah longsor banjir, gunung meletus maupun bencana lainnya.

Saat dikonfirmasi oleh awak media Pangdam  menyatakan, bahwa  dalam penanggulangan bencana perlu adanya  sinkronisasi.

"Dalam menangani bencana yang terjadi perlu singkoronisadi semua pihak, " kata Pangdam.
 
Dan juga menjelaskan bahwa  penanggulangan bencana bukan hanya tugas TNI saja, namun semua unsur terlibat penanganannya.
 
 "Ketika bencana terjadi bukan saja TNI, semua komponen terlibat baik TNI, Basarnas, Polri, BPBD, Pemda dan instansi lainnya agar semua berjalan maksimal,"ungkapanya.
 
Sinkronisasi itu sangat penting agar programnya tidak jalan sendiri-sendiri dan bisa maksimal dan sinkronisasi harus dimulai dari rencana kerja. " Mencocokkannya dengan program penanggulangan bencana agar nanti jika benar-benar terjadi bencana semua pihak terkait sudah bisa bergerak sesuai fungsinya," ungkapnya.

Pangdam mencontohkan, bagaimana kesiapan BPBD punya alat berapa demikian juga Basarnas berapa personel, alatnya bagaimana, termasuk TNI serta pemerintah sendiri. "Dalam penanggulangan bencana semua harus dapat bergerak bersama sama tanpa saling menyalahkan satu dengan lainnya," jelas Pangdam.

Latihan Posko I dilaksanakan Korem 032 di  Sumbar sangat penting keterlibatan semua unsur. 

"Manfaatkan latihan sebaik mungkin walaupun waktu sangat singkat, serta matangkan persiapan dalam penanggulangan bencana,Seluruh peserta agar berperan aktif memberikan masukan dalam latihan perencanaan penanggulangan bencana untuk saling melengkapi dalam penanggulangannya, "jelas Pangdam.

Latihan ini direncanakan akan berlangsung selama 3 hari dari 22 - 24 Oktober 2018. (PS/ALFAN)





Komentar Anda

Terkini: