Puskesmas Labuhan Rasoki Gelar Pelatihan Dokter Remaja Tingkat SMP

/ Selasa, 02 Oktober 2018 / 22.12.00 WIB
Kepala SMP Swasta Labuhan Rasoki Syawaluddin Batubara Foto Bersama Dengan Dokter Remaja Usai Pelatihan Di Sekolah. POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - PADANGSIDIMPUAN - Sebanyak 10 Siswa/i SMP Swasta Labuhan Rasoki Desa Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara mengikuti Pelatihan Dokter Remaja yang diprakarsai oleh Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Puskesmas Labuhan Rasoki, guna melahirkan Kader Kesehatan dan Penolong Pertama di Lingkungan Sekolah yang diselenggarakan di Ruang Kelas SMP Swasta Labuhan Rasoki, Senin (1/10/2018)

Dalam kesempatan itu, Kepala UPTD Puskesmas Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara H Kombang Ali Yasin SKM MKes menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan Dokter Remaja, sehingga menghasilkan Kader Kesehatan di Sekolah sebagai Motor Penggerak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Menurutnya, perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, seperti mencuci angan sebelum makan dengan Praktek “7 Steps To Handwashing” terdiri dari jajan di Kantin sekolah yang Sehat, membuang Sampah pada tempatnya, mengikuti Kegiatan Olahraga, menimbang Berat Badan dan Tinggi Badan setiap 6 Bulan, bebas dari Asap Rokok, memberantas Jentik Nyamuk Buang Air Kecil dan Besar di Jamban Sekolah.

Kemudian, tambahnya, ada Pelajaran (P3K) Pertolongan Pertama kepada Korban Kecelakaan dan Kegawatdaruratan dengan cepat dan tepat di sekolah sebelum dirujuk ke Puskesmas.

Ia juga menjelaskan, bahwa hal tersebut  bertujuan guna mencegah Cedera bertambah Parah dan menunjang Upaya Penyembuhan.

"Dari penjelasan Daftar Standar Isi Kotak P3K yang harus ada di Sekolah serta Pedoman atau Prinsip P3K "PATUT" yaitu Penolong amankan diri sendiri, Amankan Korban, Tandai tempat kejadian, lalu usahakan menghubungi Guru atau Puskesmas.

Sedangkan Kepala SMP Swasta Labuhan Rasoki Syawaluddin Batubara SP pada kesempatan yang sama menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Puskesmas Labuhan Rasoki yang telah melaksanakan Pelatihan Dokter Cilik.
Dan menjelaskan, bahwa Peserta Pelatihan Dokter Cilik adalah sebanyak 10 Orang yang dilatih terdiri dari Kelas VII dan VIII.

Syawaluddin Batubara juga mengatakan, tujuannya adalah bila ada Luka Ringan, Demam bisa diobati melalui Pertolongan Pertama. 

"Dokter Remaja ini akan Piket 3 Orang setiap Hari, Kecuali Hari Senin. Jadi kalau ada Permasalahan Kesehatan di Sekolah, mereka langsung terjun", sebutnya.

Narasumber Pelatihan Dokter Remaja ini diambil dari Puskesmas Labuhan Rasoki terdiri dari 3 Orang. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: