Bupati Karo Dan Kementerian PUPR RI Cek Final Lokasi Pelebaran Jalan

/ Minggu, 18 November 2018 / 09.46.00 WIB
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH Beserta Tim PUPR RI Saat Meninjau Lokasi Pelebaran Jalan. POSKOTA/BUDIMAN

KARO - Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Anggota DPRD Karo, Kepala Bappeda Ir Nasip Sianturi dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Karo sambut gembira, atas pelaksanaan Cek Final yang dilakukan bersama Direktorat Pembangunan Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, terkait Rencana Lanjutan Proyek Pelebaran Jalan Letjen Djamin Ginting dengan ruas Kabanjahe – Berastagi, Jumat (16/11/2018) Siang.

Direktorat Pembangunan Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Selamat Simanjuntak didampingi Sri Nanda Hasian Harahap ST selaku PPK 03 Kabanjahe Cs, Kasi Pembangunan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah I Ir Simon Ginting mengatakan, Cek Final dilakukan untuk memastikan Rencana Pelebaran Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe – Berastagi tidak ada lagi hambatan dengan warga 

"Ini untuk memastikan jika sudah Clear dan Clean dengan warga terdampak Pelebaran, maka dipastikan Pelebaran Tahap II ini dilakukan pada Tahun 2019 dengan anggaran dari APBN,” ujar Selamat Simanjuntak.

Dikatakannya lagi, beberapa waktu lalu sudah dilakukan Uji Coba Pengorekan pada Titik Lokasi Daerah Median Jalan (DMJ) yang akan diperlebar mulai dari Depan Gudang Bulog Kabanjahe untuk mengetahui secara langsung sudah bebas atau belum. 

“Apakah lokasi sudah benar - benar bebas atau masih sebatas wacana sudah dibebaskan", ujar Selamat Simanjuntak.

Jika sudah Clear dan Clean, Pelebaran ini dimungkinkan akan dilakukan pada Tahun 2019, bahkan jika lahan warga yang terdampak sudah bebas, pembangunan juga akan diteruskan sampai “Tugu Kol” Berastagi pada Tahun Anggaran 2020, ini tentunya Pemda juga harus siap dengan Anggaran Pendampingannya", ujarnya kepada Wartawan di sela - sela Cek Final bersama Bupati Karo.

"Kita tidak mau terulang seperti pelaksanaan Pelebaran Tahap I Tahun 2017 lalu dengan Panjang 2,3 Km, anggaran sebesar Rp. 32 Miliar bersumber dari APBN 2017.

"Ternyata, salah satu Lokasi di Ruas Jalan yang terkena Pelebaran tidak dapat diperlebar, karena belum dibebaskan pihak Pemkab Karo. Sampai saat ini, di Ruas Jalan itu persis disebelah Unit Lantas Polres Tanah Karo sempit dan rawan sekali kecelakaan akibat jalan tiba - tiba menyempit", jelasnya.
       
Lebih jauh diungkapkannya, dalam Rencana Pelebaran Tahun 2019, pihaknya secara dini mau tahu secara langsung, apakah lahan sudah bebas atau belum. Cek Final ini dilakukan sebagai persiapan Pelebaran Tahap kedua nantinya, diharapkan tidak ada masyarakat komplein atau keberatan. Sehingga, Proyek Pelebaran dapat berjalan mulus tanpa ada hambatan, tuturnya.
Ditambahkan Kasi Pembangunan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah I Simon Ginting mengatakan, bahwa Pelebaran dan Peningkatan Pembangunan Jalan Kabanjahe - Berastagi yang sumber dananya berasal dari Dana Pusat, APBN TA 2019 tetap berpedoman kepada UU RI No 38/2004 Pasal 63 dengan merujuk Pasal 12 ayat 1, 2 dan 3, yang mengatakan, “Kepentingan Jalan Nasional bagi terkena dampak tidak ada ganti rugi. Apabila ada yang bertahan sepanjang Jalan Nasional maka dia akan dapat dipidana", tegasnya.

Bupati karo Terkelin Brahmana, apresiasi Direktorat Pembangunan Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pihak BBPJN Wilayah I Medan yang sudah melakukan Cek Final Rencana Pelebaran Tahap II. Pelebaran Jalan Nasional Kabanjahe – Berastagi ini merupakan program yang harus didukung bersama sehingga dapat berjalan dengan baik.

Bupati Terkelin Brahmana sangat mengharapkan dukungan masyarakat Kabanjahe/Berastagi khususnya di Sepanjang Jalan yang terkena dampak Pelebaran Jalan.

“Mari Kita berpikir jernih dan positif, kelak anak cucu Kita juga yang akan menikmati Pembangunan untuk kepentingan umum ini", ujarnya.

Sementara Kepala Bapeda Ir Nasip Sianturi menerangkan, bahwa saat ini sedang dilakukan apendataan Final terhadap bangunan Pagar Rumah milik warga yang terdampak atas Pelebaran Jalan itu nantinya. Ketika disinggung sudah sejauh mana progresnya, Nasib Sianturi menjawab, sudah hampir rampung. 

“Tahap awal dari Rencana Pembangunan ini, nantinya akan dilakukan Pencucian Jalur dengan menggunakan alat berat bekerjasama dengan BBPJN Wilayah I Medan", jelasnya. (PS/BUDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: