Bupati Tapsel Canangkan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK - KB - Kesehatan

/ Selasa, 06 November 2018 / 10.00.00 WIB
Pukul Gong : Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul  Pasaribu SH Didampingi Tokoh Sumut Syamsul Qamar, Wakil Ketua TP PKK Tapsel, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Tapsel Abdul Saftar dan Sekretaris Kesehatan Tapsel dr Hodri Padangsidimpuan, Saat Memukul Gong Tanda Diresmikian Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Di Aula Hotel Sitamiang (5/11/2018). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - "Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera" demikian Tema yang diusung dalam Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK - KB Kesehatan tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2018 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH, ditandai dengan Pemukulan Gong didampingi Tokoh Sumut Syamsul Qamar, Wakil Ketua TP PKK Tapsel,  Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Tapsel Abdul Saftar, dan Sekretaris Kesehatan Tapsel dr Hodri di Aula Hotel Sitamiang Padangsidimpuan, Senin (5/11/2018).
 
Dalam arahan dan bimbingannya Syahrul menjelaskan, Kesatuan Gerak PKK - KB - Kes merupakan salah satu Agenda Kegiatan yang telah diprogramkan TP PKK, sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan, serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK, terutama menyangkut program kegiatan yang menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan juga kemitraan dalam mendukung Kinerja Pemerintah di setiap tingkatan.
 
Sehingga, sambung Syahrul, pada akhirnya bisa mencapai target serta sasaran yang diinginkan dan dapat terjalin kerjasama dalam Program Kerja Lintas Sektoral, antara Instansi terkait di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, melalui Program Kesatuan Gerak PKK - KB - Kes Tahun 2018.

Syahrul menambahkan, 10 Progam Pokok PKK yang menjadi acuan pelaksanaan kerja pokok kader - kader PKK, akan menjadi garda terdepan dalam Pembangunan kependudukan Keluarga Berencana dan Kesehatan di masyarakat.
 
Dengan menggerakan kader - kader PKK hingga ketingkat Desa/Kelurahan, lanjut Syahrul, akan menimbulkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Program Keluarga Berencana dan Kesehatan bagi Ibu dan Anak serta keadilan gender, hingga peran pria ikut program Keluarga Berencana menjadi meningkat. 

Oleh sebab itu, diharapkan kepada semua pihak yang terkait untuk menyatukan langkah menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Tapanuli Selatan dengan melaksanakan program keluarga berencana.
 
"Mudah-mudahan, kegiatan kesatuan gerak PKK - KB - Kes terpadu ini bisa berjalan secara sinergis dan terarah. Sehingga, dalam pelaksanaan kegiatan ini, Kita mendapatkan hasil yang optimal dalam rangka terwujudnya Kabupaten Tapanuli Selatan yang sehat dan sejahtera", harapnya.
 
Sementara, Kepala DPPKB Kabupaten Tapanuli Selatan Abdul Saftar Harahap, dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa tujuan umum dari Program KB Kes adalah meningkatkan cakupan Pelayanan yang adil dan berkualitas dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan.
 
Sedangkan tujuan khususnya, sebutnya lagi, adalah meningkatkan kemitraan PKK - KB - Kesehatan, Organisasi Kemasyarakatan, LSM, Swasta dan Dunia Usaha. Meningkatkan jumlah Kelompok Dasa Wisma, meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Posyandu, meningkatkan Pembinaan Pokja Posyandu, meningkatkan Jumlah Kader yang terampil, meningkatkan Jumlah Rumah Tangga ber - PHBS di Tapsel, meningkatkan Jumlah Peserta KB baru dan peserta KB Aktif.
 
Selanjutnya, lanjutnya, juga Meningkatkan Kualitas dan jangkauan Pelayanan kKsehatan dan Keluarga Berencana, Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan dan Ketahanan Keluarga, melalui Kegiatan Bina - Bina keluarga, memantapkan Peran Kelembagaan dan 10 Program PKK, khususnya di Bidang KB dan Kesehatan.
 
Acara yang juga dihadiri Kadis PP dan PA Tapsel Dra Tiorisma Damayanti, Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas, dan Penyuluh KB Se -Tapsel diisi juga dengan Penyerahan Hadiah dan Penghargaan oleh Bupati Tapanuli Selatan Kepada OPD dan Kecamatan yang berhasil meraih Juara untuk Kategori Kinerja OPD Tingkat Provinsi, Kategori PHBS,  Kategori Posyandu, Kategori LBS,  Kategori PKK - KB - Kes dan Kategori Kampung KB Tingkat Provinsi Sumatera Utara. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: