Dharmasraya Gandeng LPM Unimed tingkatkan Kualitas Pendidikan Berbasis E- Learning

/ Jumat, 30 November 2018 / 01.13.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-DHARMASRAYA-Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Bekerjasama tingkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar  berbasis pembelajaran menggunakan media teknologi Informasi, dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan.

Hal itu diungkapkan oleh kepala Dinas Pendidikan Marius, S.Pd., MM yang di wakili oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Reno Lazuardi, M.Si, Rabu (28/11) di sela-sela kegiatan “Desain Teknologi Alat Peraga IPA: Implementasi Pembelajaran Efektif di SD Kabupaten Dharmasraya” yang dilaksanakan di Aula SD Negeri 08 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat.

Reno mengungkapkan bahwa, kegiatan pelatihan dan workshop guru-guru dalam peningkatan kemampuan guru pada bidang inovasi pembuatan alat peraga IPA sangat di butuhkan karena siswa sekolah dasar butuh mevisualisasikan bentuk-bentuk abstarak agar mudah di cerna dan mampu di pahami. Ungkap tokoh revolusioner pendidikan di kabupaten Dharmasraya tersebut .

Lanjutnya selain dalam bentuk visual siswa juga harus di dekatkan dengan teknologi terkini, karena teknologi merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat di bendung. Akan tetapi harus disikapi dengan arif dan bijaksana agar dapat memberi dampak positif bagi kemajuan pendidikan. Maka dari itu dinas pendidikan mendorong untuk meningkatkan pendidikan dengan berbasis information technologi (IT).

Pendidikan modern seperti inilah yang sedang kita kembangkan dengan gerakan semua guru di Dharmasraya harus mampu mengoperasikan dan memiliki Laptop sehingga dharmasraya mampu melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 100 %, papar alumnus matematika Universitas Negeri Padang tersebut.

Menanggapi hal tersebut LPM Unimed yang diwakili Sekertaris Mukti Hamjah, M.Si didampingi Koordinator Bidang Pendidikan Faisal, M.Pd mengungkapkan bahwa program yang akan dilaksanakan merupakan Program Diseminasi teknologi alat Peraga IPA.

Yang nantinya tidak hanya membahas mata pelajaran IPA secara Visual akan tetapi akan memberikan juga materi kepada guru-guru yang ada di Dharmas raya untuk mengkombinasikan anatara kemampuan visual dengan komputasi yaitu beberapa program media pembelajaran seperti Algoodo dan google  Classroom. Papar dosen Fisika Universitas Negeri Medan tersebut.

Di tambahkan oleh Ketua Program Irfandi, M.Si bahwa pemateri yang akan mendampingi akan memberikan pengetahuan tentang pembelajaran e-learning yang berbasis e- forum untuk menambah kemampuan guru-guru dalam share pengetahuan terhadap teman sejawat. “Jadi kabupaten Dharmasraya berbasis IT akan benar-benar dapat terwujud setelah pelatihan yang kita laksanakan”, beber direktur Pusat Study Pendampingan Rakyat tersebut.

Diungkapnya, saat ini untuk pilot project pembelajaran secara online untuk guru-guru di dharmas Raya dapat menggunakan dan sharing Perangkat Pembelajaran, Media belajar, Materi Pembelajaran dan Diskusi-diskusi tentang permasalahan pendidikan dapat di akses lewat e-forum dengan alamat http://kkg-dharmasraya.info,yang dapat diakses oleh guru kapanpun, dimanapun secara terbuka.

Pelatihan dan workshop ini melibatkan sebanyak 40 orang perwakilan guru dan dan 29 Kepala Sekolah SD se kabupaten Dharmasraya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Korwil Dinas Pendidikan Pulau Punjung Indrawati, M.Pd., Koordinator Program Kewirausahaan & Teknologi Tepat Guna Deo Demonta Panggabean, M.Pd, BPPC LPM Unimed Novita Indah Hasibuan, M.Pd, Bidang Data Dan Informasi Fahmy Syahputra, M.Com, Kepala Sekolah SDN 08 Pulau Punjung Sri Darti, S.Pd, Direktur Eksekutif Jurnal Online Iklafi Teguh Febri Sudama, M.Pd dan Puluhan Kepala Sekolah dan guru yang tersebar di Kabupaten Dharmasraya. (PS/DIAN WAHYUDI)





Komentar Anda

Terkini: