Hj Elva Hartati Murman Sosialisasikan Germas di Kaur

/ Jumat, 09 November 2018 / 00.16.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-KAUR-Anggota Komisi IX DPR RI Hj. Elva Hartati Murman, S. Ip. MM,  menggelar sosialisasi Germas di Desa Aur Ringit Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur, Rabu (08/11/2018).

Pemerintah dan DPR saat ini terus gencar menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di masyarakat.

Anggota Komisi IX DPR-RI, Elva Hartati Murman  S. Ip. MM sekaligus Caleg DPR RI periode 2019-2024 didampingi Caleg DPRD Kabupaten Kaur Dapil III Martina Sulistyawati mengatakan, sosialisasi Germas terus digaungkan sebagai upaya pencegahan terhadap masalah kesehatan. Terutama, penyakit menular yaitu TBC, dan penyakit tidak menular seperti  Hipertensi, dan diabet.

Dalam sosialisasinya, politikus PDIP Caleg DPR RI tersebut  menekankan pentingnya mengimplementasikan germas di antaranya mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan jamban.

Sementara, Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular dr. Amelia Vanda berharap semakin gencarnya Germas, masyarakat paham dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI Joko Widodo dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif. Termasuk melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Germas, lanjut dr. Amelia secara nasional dimulai dengan berfokus pada 3 kegiatan, yakni melakukan aktivitas fisik setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur.

"Hingga memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagi upaya deteksi dini penyakit," ungkapnya.

Dalam menyukseskan Germas tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. "Peran kementerian dan lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat," pungkas Amelia. (PS/MIRWAN)



Komentar Anda

Terkini: