Irigasi Jebol, Lahan Persawaha di Pulau Kabu

/ Jumat, 30 November 2018 / 15.13.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-KAUR-Sebuah kanal irigasi yang mengairi ribuan hektar hamparan sawah Pulau Kabu  di Desa Manau Sembilan Satu Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur, Minggu kemarin jebol akibat tergerus banjir.

Dinding kanal setinggi satu meter lebih sudah lama berlubang, menyebabkan konstruksi tanah yang menopang dinding kanal terus tergerus banjir hingga akhirnya ambruk.

Jebolnya kanal irigasi  ini, membuat ribuan hektar sawah yang baru di traktor di wilayah ini terancam kekeringan.

Imanto, Kades Desa Manau Sembilan Satu, pada wartawan, Jumat (30/11/2018) mengaku cemas lantaran ribuan lahan persawahan  di desa itu tidak bisa digarap apabila tidak segera di perbaiki.

Sejak jebolnya Siring irigasi itu ribuan hektar sawah mulai kekeringan, karena tak ada pasokan air yang dapat di alirkan.

Ismanto dan petani di wilayah ini berharap Pemerintah segera membenahi kanal irigasi ke wilayah mereka supaya gagal garap akibat kekurangan air tidak berlarut, sementara jawaban dari Dinas pengairan sampai saat ini belum ada kejelasan mau ada perbaikan atau akan di biarkan.

Karena Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kaur Rio Hiptario ST, M.Si melalui Kabid Pengairan Jupawan sudah berkali-kali mau di konfermasi awak media poskotasumatra.com via telpon seluler, Jum'at (30/11/2018) terkait jebolnya dinding Siring irigasi ini selalu non aktif. (PS/MIRWAN)
Komentar Anda

Terkini: