KIM Sarana Informasi Akurat Bagi Masyarakat

/ Minggu, 11 November 2018 / 23.19.00 WIB
Buka : Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT Saat Membuka Kegiatan Lomba KIM Se - Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 Di Gedung Kesenian Rantauprapat. POSKOTA/OKTA

POSKOTASUMATERA.COM - RANTAUPRAPAT - Diketahui, keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sudah menjadi sarana informasi yang akurat bagi masyarakat, serta dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Hal itu, disampaikan Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT saat membuka kegiatan Lomba KIM, berlangsung di Gedung Kesenian Rantauprapat, Kamis (8/11/2018).

Andi Suhaimi mengatakan, KIM merupakan program Pemerintah, sebagai implementasi dari berbagai kepentingan masyarakat, memperdayakan komunikasi sosial antara masyarakat dan Pemerintah, guna meningkatkan kemampuan masyarakat mengakses informasi yang tengah berkembang.

"KIM adalah untuk menyampaikan informasi yang baik kepada masyarakat, untuk membentengi masyarakat dari banyaknya Berita Hoax di Media Sosial, ditambah lagi saat ini banyaknya pemberitaan tentang politik yang tidak baik, sehingga banyak meresahkan masyarakat", ujar Andi.

Pihaknya berharap, dengan KIM dapat terus memperkuat perannya di tengah - tengah masyarakat, kemajuan tekhnologi saat ini harus diikuti dan dicermati dengan baik, sehingga dapat memilih informasi yang baik bukan informasi Hoax, dan sebagai masyarakat lainya yang mengerti tentang KIM sangat berperan besar untuk segera membenarkan informasi yang salah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap ST dalam kesempatan itu mengungkapkan, lomba KIM bertujuan untuk membina dan memberdayakan KIM di Labuhanbatu, agar dapat menjadi wadah untuk mencerdaskan masyarakat, memiliki kreatifitas dan menselaraskan program Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. 

"Perlombaan KIM ini dapat menumbuhkan kesadaran serta mewujudkan partisipasi aktif masyarakat akan pentingnya penyerapan  dan penyebarluasan informasi sebagai sarana untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi keluarga," kata Ihsan Harahap.

Kata Ihsan Harahap lagi, KIM juga dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota dan pengurus KIM, khususnya di Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan mendayagunakan kelompok informasi masyarakat sebagai penggerak motor kehidupan, disamping itu untuk memilih kelompok informasi masyarakat terbaik dan berprestasi tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018.

Kadis Kominfo Labuhanbatu ini juga menjelaskan, bahwa Peserta Lomba KIM se - Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 ini adalah kelompok - kelompok informasi masyarakat yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, dimana dalam Lomba Tahun ini diikuti oleh 11 KIM, jelasnya.

Lomba KIM se - Kabupaten Labuhanbatu mengambil Thema : “Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sadar Teknologi Informasi dan Cerdas Bermedia Sosial”, menurunkan 3 orang Dewan Juri, yaitu Drs H Pamimpin Nasution, Tetty Herawaty Sinaga SPd dan Khairizal dari Dewan Kesenian Kabupaten Labuhanbatu. (PS/OKTA)
Komentar Anda

Terkini: