Lomba Masak Lemang Khas Muara Enim Pecahkan Rekor MURI

/ Senin, 26 November 2018 / 00.59.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MUARAENIM-Dalam rangka menutup rangkaian acara serta perlombaan HUT Kabupaten Muara Enim ke 72 tahun 2018, Lomba Melemang yang merupakan kuliner khas Kabupaten Muara Enim berhasil mencatatkan diri di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai peserta dan jumlah lemang yang di masak terbanyak se-Indonesia maupun dunia.

Lomba yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim tersebut, berhasil membuat sebanyak 10.773 batang lemang dari 6.500 batang yang ditargetkan. Adapun peserta yang mengikuti lomba lemang sebanyak 1.539 peserta, bertempat di Stadion Sekundang Bara Muara Enim, Sabtu (24/11/2018).

Ketua Panitia sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Snim Ir Hj Sumarni MSi dalam sambutannya mengatakan, lomba melemang ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan dan menyemarakan HUT Kabupaten Muara Enim Ke-72. Dirinya bersyukur, karena lomba melemang ini bisa memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta dan lemang terbanyak.

Dijelaskannya, bahwa selain lomba melemang ini sudah memecahkan rekor MURI, panitia juga memberikan hadiah bagi para peserta  yang membuat lemang dengan memenuhi tiga kriteria yakni, bentuk lemang,  rasa lemang dan kreatifitas peserta.

“Selama ini, kita hanya tahu beberapa jenis lemang saja seperti lemang gemuk, lemang santen, lemang udang, lemang ketan dan lemang pisang. Namun, pada hari ini muncul inovasi dan kreatifitas para peserta dengan membuat berbagai varian dan  rasa baru seperti ada lemang rasa durian, lemang rasa kopi dan sebagainya,” terang Sumarni.

Tim penggerak PKK Kabupaten Muara Enim, tambah Sumarni, siap mendukung dan mensinergikan semua program-program tim pengerak PKK sebagaimana visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim dalam mewujudkan Muara Enim untuk rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM mengatakan, Pemkab Muara Enim  sangat mendukung kegiatan semacam ini, karena ini memang sudah menjadi tradisi masyarakat di Kabupaten Muara Enim.

“Kami atas nama masyarakat Kabupaten Muara Enim sangat bangga, karena lomba melemang bisa memecahkan rekor MURI. Lemang merupakan kuliner khas Kabupaten Muara Enim. Oleh karena itu harus terus dilestarikan dan dikembangkan sebagai salah satu icon kuliner dari Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Terpisah, salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Muara Enim, Nurdin Masyir (69) saat dimintai tanggapan dirinya terkait lomba melemang mengatakan, Melemang merupakan tradisi masyarakat dibeberapa di Kabupaten Muara Enim saat memasuki bulan Muharram.

“Kita berharap tradisi melemang dapat terus dilestarikan sebagai panganan khas lokal Kabupaten Muara Enim. Serta sebagai destinasi kuliner khas Kabupaten Muara Enim,” harapnya. (PS/EDWARD)

Komentar Anda

Terkini: