Pastikan Kartu Sampai Ke Peserta, BPJS Kesehatan Tanjungbalai Lakukan Spot Check Ke Desa

/ Jumat, 09 November 2018 / 09.54.00 WIB
Petugas BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai Saat Melakukan Spot Check Sampai Ke Desa - Desa Di Wilayah Kerja Cabang Tanjungbalai Yang Mencakup Kabupaten Batu Bara, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Kota Tanjungbalai. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA - TANJUNGBALAI - Untuk memastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah didistribusikan oleh pihak Ketiga kepada Peserta Penerima Bantuan Iuran – Jaminan Kesehatan (PBI-JK), Jum'at,(9/11/2018), BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai melakukan Spot Check sampai ke Desa - Desa di Wilayah kerja Cabang Tanjungbalai yang mencakup Kabupaten Batu Bara, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Kota Tanjungbalai.

Kunjungan itu, diprioritaskan pada Kelurahan/Desa dan Kepala Keluarga (KK) yang belum pernah dikunjungi atau KK yang sudah pernah dikunjungi oleh BPJS Kesehatan.

Hal tersebut diutarakan salah satu warga Kati, merasa sangat terbantu dengan Kunjungan Lapangan oleh BPJS Kesehatan.

“Kalau turun Ke Lapangan kayak gini kan, Kita jadi paham tentang BPJS (JKN - KIS) tanpa harus ke kantornya, Kami yang di Pelosok ini bisa tanya langsung tentang Program JKN - KIS ke Pegawai (BPJS Kesehatan)", kata Ibu muda tersebut.

Dalam Pelaksanaan Spot Check ini, turut pula melibatkan Kepala Desa/Dusun serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dari Dinas Sosial yang sekaligus memberikan Edukasi kepada masyarakat.

Demikian disambut Kepala Desa Perkebunan Suka Raja, Edy Yusman, mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam melakukan kunjungan  di Desanya tersebut.

"Kita senang BPJS Kesehatan mau datang ke Dusun Kami agar masyarakat tau hak - haknya dan kewajibannya dalam pemanfaatan KIS", ujar Edy.

Selain memastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi Peserta PBI - JK telah terdistribusi, kegiatan Spot Check juga bertujuan untuk memastikan data yang tertera di KIS telah sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk Peserta dan memastikan setiap Peserta hanya memiliki 1 (Satu) KIS, karena apabila Double maka salah satu Kartu akan ditarik.

"Penarikan KIS juga dapat dilakukan apabila Peserta dinyatakan oleh Ahli Warisnya telah Meninggal Dunia, dengan disertai Surat Keterangan Kematian atau bukti lain", ungkap Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Maulina Hutajulu kepada POSKOTASUMATERA.COM

Maulina yang akrab disapa Uli ini menambahkan, bahwa target Spot Check untuk wilayah Kerja Cabang Tanjungbalai, sebanyak 1.300 Kepala Keluarga (KK).

“Hingga saat ini telah dilakukan Spot Check sebanyak 1.229 KK dan hasilnya Peserta telah menerima KIS. Sedangkan sisa target Spot Check akan diselesaikan sampai dengan pertengahan Bulan Nopember tahun.

"Namun, kami usahakan secepat mungkin untuk selesai mengingat pentingnya memastikan Kartu ini sampai ke Peserta atau End Untuk", tegaskan Uli diakhir keterangannya.(PS/SAUFI).
Komentar Anda

Terkini: