Pemkab Simalungun Hadiri HAUL Ke - 9 Tuan Guru Batak Syekh Al'Arif Billah Abdurahman Rajagukguk

/ Senin, 05 November 2018 / 16.27.00 WIB
Photo Bersama Saat Acara HAUL Ke - 9 Tuan Guru Batak Syekh Abdurahman Rajagukguk Minggu (4/11/2018). POSKOTA/FIRMA

POSKOTASUMATERA.COM - SIMALUNGUN - Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Wakil Bupati Ir H Amran Sinaga MSi Hadiri HAUL Ke - 9 Tuan Guru Batak Syekh Al 'Arif Billah Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsabandi QS, bertemakan : "Berdamai dengan semua ciptaan Tuhan" dipusatkan di Pondok Persulukan Serambi Babussalam Hatonduhan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (04/11/2018). 

Tampak juga hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs Musa Rajekshah MHum, Bupati Labuhanbatu Utara H Khairuddin Syah Sitorus SE, Wakil Walikota Siantar, Kakanwil Kemenag Sumut, Anggota DPRD Sumut, mewakili Danrindam I/BB, mewakil Danrem 022/PT, Kapolres Simalungun, Anggota DPRD Simalungun dan sejumlah Pimpinan OPD Kabupaten Simalungun, Ketua KNPI Sumut, Pengurus MUI Simalungun dan Kota Pematang Siantar, para Mursyid dan Jamaah Persulukan dari berbagai Daerah.

Pimpinan Pondok Persulukan Serambi Babussalam Tuan Guru Syekh Dr H Sabban El Rahmaniy Rajaguguk MA Bin Syekh Al 'Arif Billah Abdurrahman Rajaguguk QS dalam sambutannya mengatakan, bahwa Peringatan HAUL merupakan salah satu Program Rutinitas Pondok Persulukan untuk mengenang sosok Tuan Guru yang diteladani semangat religiuitasnya, pengabdiannya dalam mengamalkan ilmu - ilmu zikrulloh, mengamalkan agama sekaligus keteladanannya dalam menyemaikan kerukunan di Kabupaten Simalungun. 

Selanjutnya, Tuan Guru menceritakan tentang silsilah Tuan Guru Batak Syekh Al 'Arif Billah Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsabandi QS dan juga kronologi Pendidikan Agama Tuan Guru Batak yang diperolah. Tuan Guru berharap agar dari persulukan ini, menjadi Pelita kedamaian, karena semakin taat kepada Allah diharapkan semakin memberikan cahaya cinta kepada sesama manusia. 

“Beliau (Syekh Al 'Arif Billah Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsabandi QS) adalah Tokoh Agama yang taat dan Tokoh Kerukunan", ujar Tuan Guru. 

Dalam kesempatan itu, Tuan Guru juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun dan juga daerah - daerah lain yang telah banyak memberikan perhatian kepada Pondok Persulukan.

"Seperti Bapak Dr JR Saragih SH MM, meskipun beliau Nasrani, akan tetapi sangat perduli dengan Islam. Beliau telah banyak memberikan bantuan terhadap Persulukan ini termasuk Perbaikan Mesjid yang ada di Persulukan ini. Dan terima kasih juga kepada Bapak Buyung Sitorus yang telah membangun Gedung di Persulukan ini", tuturnya. 

Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs Musa Rajekshah MHum dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. 

“Dalam mengadapai suasana ini rukunlah Kita, harapan Kami selaku Pemerintah marilah Kita jaga kerukunan dan kedamaian. Apapun dan siapapun pilihan Kita tidaklah mesti menjadi perdebatan", himbaunya. 

Selain itu, Wagubsu juga meminta kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara, selaku umat beragama untuk tetap menjaga kebersamaan dan keamanan serta tetap maka akur dan senantiasa sama - sama menjaga kedamaian.

Seperti Alm Tuan Guru Batak Syekh Al 'Arif Billah Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsabandi QS, walapun keberadaannya yang minoritas akan tetapi hidup berdampingan dengan baik. 

“Teruslah suasana damai ini kedepan Kita jaga dengan baik agar berkah Allah selalu datang kepada Kita dan Sumatera Utara semakin bermartabat", pintanya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Simalungun patut berbangga karena adanya ulama batak yang memberikan pembelajaran bagi masyarakat tentang kedamaian. 

Untuk itu, diharapkan, dengan adanya persulukan ini memberikan cahaya kedamain di Kabupaten Simalungun sehingga daerah ini menjadi daerah yang maju dan religious. 

Pada acara HAUL tersebut juga dilaksanakan Peresmian Mesjid Syekh Abdurrahman Rajaguguk QS yang baru selesai di Renovasi bantuan dari Pemkab Simalungun dan Gudung Buyung Sitorus, Wakaf dari H Khairuddin Syah Sitorus SE. 

Peresmian tersebut ditandai dengan Penandatanganan Prasati oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Pimpinan Pondok Persulukan Serambi Babussalam, Kakanwil Kemenag Sumut dan Pewakaf. Turut memberikan Sambutan adalah Bupati Labuhanbatu Utara dan Tausiah Keummatan dan Kebangsaan yang disampaikan oleh Rektor UIN SU Prof Dr Saidurrahman MAg. (PS/FIRMA)
Komentar Anda

Terkini: