Perompak Bersenjata Api Berhasil Dilumpuhkan 1 Tewas Ditembak

/ Minggu, 25 November 2018 / 20.51.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - Aksi perompakan terhadap kapal nelayan berhasil digagalkan, satu dari 5 kawanan Perompak Kapal tewas ditembak di Perairan Belawan

Keterangan diterima Minggu (25/11/2018) menyebutkan, kelima orang perompak kapal yang terkenal sadis dan sering meresahkan Warga Nelayan Belawan akhirnya tak berkutik dalam penyergapan yang dilakukan Tim VBSS Satrol Lantamal I diperairan jalur masuk Pelabuhan Belawan.

Saat itu kelima perompak, yang kali ini naik keatas kapal Nelayan Pukat Teri KM. Deli GT.10 yang pulang melaut dengan membawa hasil tangkapan selama 12 hari dilaut. Setibanya diperairan masuk alur Belawan, kelima perompak yg masing-masing menggunakan senjata laras panjang berjenis AK-47 ini langsung berniat menguras seluruh hasil tangkapan kapal dengan tidak segan-segan melukai ABK kapal.

Secara visual Tim VBSS Satrol Lantamal I yg biasa melakukan Patroli rutin dengan menggunakan dua kapal patroli sekitar alur masuk Pelabuhan Belawan melihat kejanggalan aneh pada kapal nelayan pukat teri yang berpapasan dengan kedua kapal Patroli Tim. Tanpa menunggu lama, Tim VBSS langsung memutar balik arah kekapal Nelayan tersebut dan meminta agar kapal Nelayan menghentikan mesin.
Kelima Perompak yang sudah mengetahui kedatangan kapal Patroli VBSS ini tanpa basa basi langsung melakukan perlawanan dengan menembaki kearah Kapal petugas, akhirnya baku tembak pun tidak bisa dihindari. mengetahui telah terjadi adanya baku tembak, secara spontan kedua kapal tim patroli VBSS ini terus melakukan pengejaran.

Alhasil, satu kapal patroli VBSS berhasil merapat kedinding lambung kanan kapal Nelayan dan berhasil menaiki kapal tersebut. Diatas, baku tembak jarak dekat pun terus terjadi, dengan hasil satu perompak tewas ditembak, mengetahui satu rekan perompak roboh, keempat perompak tersebut langsung lari dan ingin menceburkan diri kelaut, tetapi dengan sigap Tim VBSS berhasil mengamankan keempat perompak tersebut.

Hal ini merupakan skenario dari Latihan VBSS (Visit, Board, Search, and Seizure) Tahun 2018 Satrol Lantamal I yang langsung ditinjau oleh Dansatrol Lantamal I Kolonel Laut (P) Wahyu Endriawan, S.H., M.H.
Pada kesempatan tersebut Dansatrol mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mempertahankan dan meningkatkan Profesionalisme Prajurit khususnya Personel Satrol Lantamal I sehingga mampu melaksanakan tugas pokok yg diemban. Latihan ini melibatkan seluruh Prajurit Satrol Lantamal I baik yang distaf maupun seluruh Unsur KRI Satrol Lantamal I
(A.salim)
Komentar Anda

Terkini: