Proyek Tanpa Plang, DPRD PALI Sorot Pengaspalan Jalan Talang Ubi Timur

/ Kamis, 22 November 2018 / 18.56.00 WIB
Proyek Pengaspalan Jalan Talang Ubi Timur Yang Dikerjakan Tanpa Plang. POSKOTA/SUHERMAN

POSKOTASUMATERA.COM - PALI - Wakil Ketua DPRD Kabupaten PALI Sumatera Selatan (Sumsel) Darmadi Suhaimi SH menyayangkan pihak Kontraktor Proyek Pengaspalan Jalan di Kelurahan Talang Ubi Timur, tepatnya di Jalan Baru Telkom, tidak memasang Papan atau Plang Informasi.

Padahal, menurutnya, Papan Plang itu sangat penting bagi masyarakat, guna Keterbukaan Informasi Publik dan memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon Informasi.

"Saya sangat menyayangkan pihak Pemborong yang mengerjakan Jalan itu, semestinya harus wajib memasang Papan Plang Proyek sesuai Undang - Undang Keterbukaan Informasi Publik dan itu wajib", kata Darmadi kepada Wartawan saat dikonfirmasi, Kamis (22/11/2018) di Kantor DPRD PALI.

Kalau tidak ada Papan Plang Proyek, lanjutnya, bagaimana masyarakat bisa tau, Dananya berasal dari mana, Nilai Kontraknya berapa dan dikerjakan oleh Perusahaan apa atau CV apa yang digunakan.

Dirinya berharap kepada semua pihak, untuk terus mengawasi setiap ada Proyek Pembangunan, baik itu dari APBD atau APBN, kalau ada temuan di Lapangan segera laporkan, karena guna mewujudkan Penyelenggaraan Negara yang baik.

"Saya minta kepada setiap pihak Pemborong supaya Transparan, Efektif dan Efisien, Akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan", pungkasnya.

Pantauan Wartawan di Lapangan, Pengaspalan Jalan tersebut sedang di kerjakan oleh pihak Kontraktor, namun ketika Awak Media melihat di sekitar Pekerjaan itu, sama sekali tidak terlihat Papan Plang terpasang.

Wartawan mencoba konfirmasi kepada salah satu Pekerja dan ketika di tanya siapa Rekanan yang mengerjakan Proyek tersebut, namun disayangkan Pekerja itu tidak bisa memberikan informasi hanya menjawab singkat.

"Saya tidak tau Pak, Saya juga belum melihat Pengawas mulai pagi sampai sekarang", sebut Pekerja itu

Sementara itu, Ir Etty Murniati selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum saat dikonfirmasi Via Telpon dan Whatsapp mengatakan, akan melakukan teguran terkait hal tersebut ke pihak Kontraktor.

"Nanti akan Ibu Tegur Kontraktornya", sebut Etty Murniati pada dinding Whatsappnya, Kamis (22/11/2018) Sore. (PS/SUHERMAN)
Komentar Anda

Terkini: