Sampah Menumpuk dan Berserakan Di Inti Kota Tanjungbalai Suguhkan Aroma Bau Busuk Resahkan Masyarakat

/ Jumat, 02 November 2018 / 07.35.00 WIB
Keberadaan Sampah Yang Menyuguhkan Aroma Bau Busuk Di Jalan Pahlawan Di Inti Kota Tanjungbalai. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA.COM - TANJUBGBALAI - Kota Tanjungbalai yang dijuluki dengan Slogan Kota BERSIH, yakni : Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis, sebagaimana Visi & Misi Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH yang disebut - sebut sebagai Walikota termuda se - Indonesia, namun sangat disayangkan, realitanya, hal itu sangat bertolak belakang.

Pasalnya, banyak terdapat tumpukkan sampah dimana - mana dengan  menyuguhkan aroma Bau Busuk yang sangat meresahkan, mengganggu pernafasan dan dapat merusak kesehatan masyarakat.

Seperti yang berada di Jalan Pahlawan persis didekat Kantor Pengadilan, Kecamatan Pantai Burung, Kecamatan Tanjung Balai Selatan yang berada tepat di Inti Kota Tanjungbalai terlihat turut menghiasi Joroknya Kondisi dan Wajah Kota Tanjungbalai saat ini.

Pantauan Wartawan di Lapangan, Kamis (1/11/2018) Malam, selain Aroma Bau Busuk yang menyengat, Lokasi Sampah tersebut, dikerubungi oleh ribuan Lalat Hitam hingga Lalat Hijau, juga ribuan Nyamuk yang siap menyerang Masyarakat sekitar. 

Selain itu, terlihat pula, ratusan Tikus berkeliaran mengkerubungi Sampah tersebut untuk mencari makan, dari Tikus Celurut hingga Tikus Got yang siap membawa sumber bibit penyakit bagi masyarakat Kota Tanjungbalai. Dan fenomena tersebut, benar - benar terlihat sangat menjanjikan untuk melahirkan segudang penyakit bagi Warga Kota Tanjungbalai.

Dimana, terlihat dengan jelas Sampah Dapur Rumah Tangga yang terbungkus Kantong Plastik, Popok dan Tumpukkan Nasi Busuk serta sejenisnya yang berbau itu, terlihat menumpuk dan berserakan di samping Jalan Pahlawan di Inti Kota Tanjungbalai.

Tumpukan sampah yang berserakan tersebut, memanjang hingga lebih dari 4 Meter dan sebagian meluber berserakan menutupi Badan Jalan.

Bau Busuk dan tidak sedap yang disuguhkan oleh tumpukan sampah tersebut, membuat para Pengendara Sepeda Motor, Bus dan Bis, serta siapa saja warga yang melintas, terpaksa harus menutup hidung mereka dengan tangan, karena tidak tahan menghirup Aroma Bau Busuk dimaksud.

Kondisi ini dikhawatirkan, dapat menyebabkan Kecelakaan Lalulintas di sekitar Jalan Pahlawan. Karena Aroma Bau Busuk yang menyengat hidung dari tumpukan sampah dimaksud dapat terendus hingga jarak lebih dari 6 Meter.

Salah seorang Pengendara yang melintas Eka Sartika Sitorus, saat dikonfirmasi POSKOTASUMATERA.COM terkait hal ini mengatakan, bahwa pihaknya merasa kecewa karena kondisi tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan Visi dan Misi Kota Tanjungbalai, untuk menjadi Kota yang BERSIH. Dan menurutnya, percuma saja Kota Tanjung balai mendapatkan gelar Adipura.

"Pak Wali, tolong lihat sampah yang berserakan ini, sudah berjalan 4 hari ini terlihat, tapi tidak diangkat", sebutnya kesal.

Disisi lain, salah seorang Pemuda Penggiat Sosial Kota Tanjungbalai Ahmad Dhairobby kepada Wartawan mengatakan, sampah yang berada di Jalan Pahlawan itu seharusnya cepat diangkut oleh Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Dia juga mengeluh, meski sampah terbungkus rapi di dalam Kantong Plastik, namun Bau Busuk tersebut masih dapat dihirup. Pihaknya juga sangat menyayangkan Visi dan Misi Slogan Kota BERSIH yang di agungkan oleh Walikota Tanjungbalai HM Syahril SH MH.

"Kalau Bau itu tersapu oleh angin, warga yang berada 6 Meter lebih dari tumpukan sampah bisa menghirupnya, membuat Pengendara melintas kebaukan. Selain itu, Bau Busuk itu dapat mengundang Lalat yang dapat menyebarkan berbagai Penyakit", sebutnya dengan nada kecewa.

Pihaknya juga berharap, supaya Petugas DLH segera dapat membersihkan sampah tersebut dan memberikan Sosialisasi tentang kebersihan kepada warga agar jangan membuang sampahnya sembarang. Dengan begitu, sebutnya lagi, semoga saja warga segera sadar akan kebersihan lingkungan. (PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: