TP PKK Tapsel Gelar Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tapsel Tahun 2018

/ Jumat, 09 November 2018 / 09.02.00 WIB
Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrum M Pasaribu SH, Sekretaris Dinas Pemdes Foto Bersama Dengan Kader Posyandu Usai Acara Pembukaan Di Aula MAN 2 Padangsidimpuan, Kamis (8/11/2018). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel Ny Syaufia Lina Syahrul membuka Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2018 di Aula MAN 2 Padangsidimpuan, diikuti oleh Kader pilihan Posyandu dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (8/11/2018). 

Acara Lomba dengan mengusung Tema "Melalui Lomba Posyandu Kita Tingkatkan Keterampilan Kader dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pelayanan Dasar Kesehatan Di Desa Menuju Kelembagaan Mandiri", dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapanuli Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Mara Tinggi Siregar. 

Dalam Sambutan tertulisnya, Kepala Dinas PMD Tapsel menyebutkan, bahwa Kader Posyandu di Desa merupakan ujung tombak sebagai pejuang Kesehatan. Untuk itu, dia berharap agar seluruh Kader Posyandu di Kelurahan dan Desa supaya betul - betul membina masyarakat demi terciptanya ibu yang sehat dan anak yang sehat. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Tapsel dalam sambutannya mengharapkan dengan digelarnya Lomba tersebut, dapat tercipta Kader Posyandu yang handal, seraya meminta kepada seluruh Kader Posyandu untuk selalu berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Puskesmas agar secara rutin menggelar Pelatihan terhadap Kader Posyandu di Desa dan Kelurahan masing - masing. 

Sisi lain, dia mengharapkan, dengan digelarnya Lomba tersebut kiranya lebih memotivasi para Kader Posyandu agar bekerjasama dengan Bidan Desa, sehingga bisa membantu Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu dalam mewujudkan Visi Misinya menjadikan Rakyat Tapsel yang sehat. 

Menyinggung Dana Desa, dia menghimbau, kepada seluruh Kader Posyandu untuk memanfaatkan Dana Desa di Tahun 2019 dalam Peningkatan Kapasitas Posyandu, seperti pemberian Dana Sehat dan mengganti segala Peralatan Posyandu yang lebih baik. 

Terakhir dia mengucapkan, selamat berlomba kepada seluruh Kader Posyandu, junjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam bertanding. 

Acara Lomba tersebut terdiri dari empat orang dewan juri yaitu,  Hj Mawarni, dr Emi, Ny Levi Hamonangan dan Ny Vita Ali Akbar dengan materi Lomba Tertulis dan Praktek Penyuluhan dari Perwakilan Kader Posyandu dari setiap Kecamatan. 

Di penghujung Lagi, keluar sebagai Juara dan berhak mendapatkan Uang Pembinaan Harapan 3 Kecamatan Muara Batangtoru, Harapan 2 Kecamatan Tantom Angkola, Harapan 1 Kecamatan Sipirok, Juara 3 Kecamatan Aek Bilah, Juara 2 Kecamatan Marancar dan Juara 1 Kecamatan Batang Angkola. Sembilan kecamatan lainnya yang belum berhasil meraih Juara juga mendapatkan Uang Pembinaan. 

Seluruh peserta Lomba juga mendapatkan Kaos yang diberikan secara Simbolis oleh Ketua TP PKK Tapsel. Acara tersebut turut dihadiri Ketua TP PKK Kecamatan se - Tapsel, Kepala UPTD Puskesmas Se -Tapsel dan para Bidan Desa.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: