Banjir Terjang 3 Kecamatan dan 7 Desa di Asahan

/ Sabtu, 29 Desember 2018 / 16.07.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-ASAHAN-
Luapan Air membanjiri di  Kecamatan Setia Janji, Kecamatan Buntu Pane dan Kecamatan Tinggi Raja kabupaten Asahan terjadi, Sabtu, (29/12 2018) . Luapan air mengakibatkan 7 desa tergenang.

Kepada wartawan, Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Asahan, Drs. H. Syafruddin Harahap, M.Si didampingi Pusdalopsdatinmas Kasubbid Kedaruratan Zulfahri Harahap SH serta  Kasubbid Logpal Sugiarto,  SE menerangkan
Sekira pukul 13.00 Wib banjir terjadi.

Wilayah lokasi dampak luapan air terjadi di 7 Kecamatan Setia Janji, meliputi Desa Sei Silau Tua dan Desa Bangun Sari dan Kecamatan Buntu Pane, meliputi Desa Ambalutu, Desa Prapat Janji dan Desa Mekar Sari serta Kecamatan Tinggi Raja, meliputi Desa Piasa Ulu dan Desa Terusan Tengah.

Dijelaskan Syafruddin, dampak intensitas hujan sedang yang turun cukup lama di hulu (Kabupaten Simalungun) dan wilayah Kabupaten Asahan pada tanggal 28/12/2018 dari pukul 21.30 WIB s/d Sabtu (29/12/2018) pukul 02.30 WIB, berdampak naik dan meluapnya debit air di beberapa Sungai di Kabupaten Asahan (sungai Sipulpul, Sungai Silo, Sungai Ambalutu, Sungai Silau Tua, Sungai Bunut), yang berdampak pada Desa Sei Silau Tua  sekitar pukul 23.00 WIB dengan ketinggian air mencapai rata-rata 30-50 cm-dpt.

Diikuti Desa Bangun Sari dengan ketinggian air mencapai rata-rata 10-30 cm-dpt. Untuk desa Ambalutu tanggal  sekitar pukul 01.00 WIB sebanyak 2 Dusun dan Desa Karya Ambalutu sebanyak 1 Dusun dengan ketinggian air mencapai rata-rata 20-50cm-dpt, serta pada pukul 07.00 WIB diikuti Desa Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane sebanyak 2 Dusun dan Desa Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane dengan ketinggian air mencapai rata-rata 10-40cm-dpt.

Untuk desa Piasa Ulu sekitar pukul 04.00 WIB air menggenangi 6 Dusun dan 1 Dusun (Dusun 10 Rawa Rejo) di Desa Terusan Tengah dengan ketinggian air mencapai rata-rata 30-120cm-dpt.

"Dengan ini diperkirakan kondisi air akan terus berangsur surut menuju ke wilayah yang lebih rendah hingga sore nanti," imbuh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Asahan.

Akibatnya, beberapa KK/RT/jiwa yang tergenang yakni di kecamatan Setia Janji, meliputi, Desa Sei Silau Tua terdampak genangan 40KK/RT atau setara 126 jiwa, dan Desa Bangun Sari terdampak genangan 7KK/RT atau setara 19 jiwa dan  Kecamatan Buntu Pane, meliputi; Desa Ambalutu terdampak genangan 19KK/RT atau setara 60 jiwa,  Desa Prapat Janji terdampak genangan 6KK/RT atau setara 21 jiwa, dan Desa Mekar Sari terdampak genangan 5KK/RT atau setara 17jiwa serta diKecamatan Tinggi Raja, meliputi,Desa Piasa Ulu terdampak genangan 506KK/RT atau setara 1.538 jiwa, 1 Bangunan SD Negeri, 1 Kantor Desa, 4 unit rumah ibadah; Desa Terusan Tengah terdampak genangan terdampak genangan 100KK/RT atau setara 315 jiwa, 1 unit rumah ibadah.

"Untuk itu, BPBD Kabupaten Asahan telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana infrastruktur dan identifikasi kemungkinan dampak lanjutan yang terjadi, serta menghimbau warga untuk siaga bencana," ujar Syafruddin sambil beber kan penanganan nya kepada wartawan.


BPBD Asahan juga mendirikan Posko Siaga Bencana bersama perangkat Desa bekerjasama dengan perangkat Forkopincam dan pihak Puskesmas setempat dan mengirimkan bantuan logistik pemenuhan kebutuhan dasar dapur umum.

Saat ini kondisi genangan air Tengah berangsur surut secara perlahan dan diperkirakan akan surut total."atas kejadian tersebut Didapatkan Korban sakit  1 orang Lansia Balita 4 orang, Korban Luka tidak ada, Korban meninggal tidak ada.

"Untuk kendala dan hambatan sendiri saat evakuasi dan pemantauan di lapangan terlihat masih adanya warga yang tetap memilih bertahan di rumahnya meskipun rumahnya tergenang air serta abrasi benteng sungai mengakibatkan mudah meluapnya air sungai bila dalam debit yang tinggi. Sedimentasi dasar sungai yang tinggi, mengakibatkan kerusakan," terangnya.

Ditambahkan nya, BPBD juga terus melakukan pemantauan secara berkala real time lokasi yang terdampak dan menghimbau  tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di lokasi agar senantiasa siaga dalam menghadapi kondisi saat ini serta Pembentengan kanan kiri sungai Aek Silo dan pendalaman sungai.

Untuk keperluan Bantuan Sigap Bencana Boleh melaporkan ke🏢 PUSDALOPS PB BPBD KAB. ASAHAN Jl. Jend. A. Yani - Kisaran, 44113. Kabupaten . Asahan dan ☎ Call Center: 0623-347924. (PS/SAUFI)


Komentar Anda

Terkini: