Bersama Masyarakat se Angkola Barat, Panwaslu Sosialisasi Pengawasan Pemilu

/ Minggu, 16 Desember 2018 / 00.28.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Angkola Barat gencar sosialisasikan pengawasan pemilu, kali ini sosialisasi tersebut digelar bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama ,tokoh adat dan Tokoh Pemuda se Kecamatan Angkola Barat Sabtu, (15/12) di Aula Kantor Camat Angkola Barat Kelurahan Sitinjak.

Ketua Panwaslu Kecamatan Angkola Barat Sarbaini Harahap dalam sambutannya mengatakan bahwa Panwaslu Kecamatan Angkola Barat mengadakan sosialisasi kepada Tokoh masyarakat,tokoh agama dn tokoh pemuda dalam hal pengawasan pemilu.

"Kami gencar melakukan sosialisasi pengawasan pemilu agar masyarakat paham bagaimana pentingnya pengawasan untuk menegakan keadilan pemilu," katanya.

Disampaikanya, betapa pentingnya pengawasan maka dari itu pengawasan dimulai dari tingkat Desa hingga tingkat keatasnya. "Oleh karena itu baik dari bawaslu RI sampai panwas tingkat desa ini bersama-sama menggerakan untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu," jelasnya.

Diungkapkannya, sementara dari beberapa tingkatan pengawasn sendiri memiliki beberapa penerapan program langsung yang bisa dilakukan dalam hal pengawasan pemilu. "Oleh karena itu dari program bawaslu RI maupun panwas Kabupaten ,Kecamatan dan Panwas desa/kelurahan memiliki program langsung untuk meningkatkan partisiapasi masyarakat dalam pengawasan pemilu,” ujarnya.

Disampaikannya, membuat pelayanan pengaduan langsung melalui beragam cara diantaranya langsung ke Kantor Panwas Kecamatan atau melalui WA dengan melengkapi persyaratan.

Selain itu, diterangkannya panwas juga bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan aktif bagi pemilih. "Kami juga bekerja sama dengan warga masyarakat   untuk aktif melakukan pengawasan aktif partisipatif," ucapnya.

Masih kata Sarbaeni, kepada warga masyarakat pun sangat penting untuk penerapan sejak dini demi terwujudnya pemilu yang baik.

Dia mengatakan dalam berhasilnya pemilu dikembalikan lagi kepada masyarakat yang ikut andil dan jika masyarakat melihat panwas yang tidak bekerja secara baik agar segera dilaporkan.

"Sukses dan berhasilnya pemilu tergantung pada masyarakat sekalian, oleh karena itu panwas tidak bisa bekerja sendirian melainkan masyarakat perlu aktif ketika panwas tidak bisa apa-apa silahkan tegur kami, silahkan laporkan," paparnya.

Ia menjelaskan, ketika ada pelanggaran ditemukan masyarakat kemudian panwas tidak melakukan apa-apa silahkan laporkan panwasnya. "Laporkan langsung agar segera di tindak," pungkasnya.

Ditambahkannya, dan ketika ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh PPK dan PPS silahkan adukan dan ketika menemukan pelanggaran oleh peserta pemilu dalam hal ini partai politik atau  Tim. kampanye Presiden dan Wakil Presiden silahkan laporkan.

"Oleh karena itu apa saja yang perlu di laporkan dan bagai mana cara melaporkannya dengan ini maka kami mengundang bapak ibu sekalian untuk diberikan informasi dan memberikan sosialusasi ini terkait pengawasan,”  tutupnya.

Dalam acara sosialisasi ini turut hadir Anggota Panwaslu Kecamatan Ramlan Siregar,Rizki Abadi  Rambe,S.Pd Camat Angkola Angkola Barat Maruhum Hot Taufik,S.Sos dan undangan lainnya. 

Sebelumnya juga Panwaslu Kecamatan Angkola Barat Sudah melaksanakn pembekalan kepada Panwaslu Desa/Kelurahan Se- Kecamatan Angkola Barat.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: