Dinas Pendidikan Labuhanbatu Data Ulang PAUD Se - Labuhanbatu

/ Sabtu, 01 Desember 2018 / 11.11.00 WIB
Anak - Anak PAUD Sedang Mengikuti Perlombaan Melukis. POSKOTA/OKTA - RICKY

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan adakan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Aula Gedung Asrama Haji Jalan SM Raja Rantauprapat, Kamis (29/11/2018) Pagi. 

"Anak - anak inilah nantinya Generasi Penerus di Kabupaten Labuhanbatu, tidak ada orang tua yang ingin anaknya tidak pintar. Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk Anak - Anaknya. Hari ini, kita dituntut untuk terus meningkatkan pendidikan di Daerah Kita. Saya ingin di setiap Desa, ada Lembaga PAUD nya, sehingga pendidikan Anak Usia Dini dapat merata di semua Desa", ucap Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT dalam sambutannya.

Dalam kegiatan Gebyar PAUD, lanjut Andi Suhaimi, berharap di seluruh Desa se - Labuhanbatu ada Lembaga PAUD. Sehingga Pendidikan Anak - Anak di Usia Dini dapat dirasakan di semua Desa.

"Saya ingin Kepala Desa/Lurah dan Camat yang didampingi Bunda PAUD untuk mengembangkan layanan pendidikan yang memadai dan menyeluruh bagi warganya sejak Usia Dini. Untuk pengembangan PAUD dapat menggunakan Dana Desa. Karena, telah dijamin secara hukum. Penggunaan Dana Desa juga diprioritaskan untuk Pendidikan yang ada di Desa", terang H Andi Suhaimi Dalimunthe.

Hj Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe, selaku Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu berharap, kiranya Bupati Labuhanbatu dapat meningkatkan kesejahteraan para penyelenggara dan pendidik PAUD. Selain itu, peningkatan fasilitas sarana pembelajaran baik untuk di luar maupun di dalam ruangan. 

"Dengan adanya kegiatan lomba ini, Lembaga PAUD diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap Anak Didik. Peran Bapak dan Ibu sebagai pendidik, menjadi suatu kebutuhan masyarakat dalam mendidik. Namun, saya berharap juga kepada Bapak Bupati, agar kiranya dapat meningkatkan kesejahteraan pendidik dan penyelenggara, peningkatan fasilitas sarana pembelajaran, baik didalam maupun di luar ruang belajar. Tentunya, semua itu harus sesuai dengan kemampuan Daerah dalam pendanaanya dan harus sesuai dengn mekanisme perundang - undangan dan peraturan yang berlaku", ujar Rosmanidar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu H Sarimpunan Ritonga SPd MPd ketika dikonfirmasi disela - sela kegiatan tersebut mengungkapkan, Gebyar PAUD Tahun 2018 ini melibatkan semua PAUD Kecamatan, Kelurahan/Desa untuk berkompetensi dan berkompetisi Anak - Anak dalam mengikuti 11 Cabang Perlombaan yang diadakan.

"Seluruh PAUD se - Kabupaten Labuhanbatu. Disini Anak - Anak akan berkompetisi mengikuti 11 Perlombaan. Dengan mengikuti perlombaan, kita dapat melihat, potensi - potensi maupun perkembangan Anak - Anak selama mendapatkan pendidikan di PAUD", ucap H Sarimpunan Ritonga.

Perkembangan dan kemajuan untuk PAUD ke depannya, H Sarimpunan Ritonga akan melakukan Evaluasi terhadap PAUD Se - Kabupaten Labuhanbatu. 

"Kita akan melakukan Pendataan, Evaluasi dan pembinaan terhadap PAUD yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. Terutama dari sisi administrasinya terlebih dahulu. Karena dasar itu penting dalam melaksanakan dan berjalannya PAUD. Baru bicara mengenai kemajuan PAUD. Apalagi, bantuan dari Pemerintah Pusat melalui APBN, penyelenggara PAUD harus memiliki dasar yang lengkap. Untuk pendidik, Kita sudah melakukan pelatihan dengan materi kurikulum 2013 dengan sistem pembelajaran berinovasi", sebutnya.

Kepala Bidang Paud dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhambatu Nur Eko Setyawati SPd selaku Panitia menjelaskan, kegiatan Gebyar PAUD bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada peserta didik dan Lembaga PAUD yang terus berinovasi dan meningkatkan Kelembagaannya, serta untuk menyalurkan bakat anak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. 

"Peserta lomba berasal dari lembaga Paud se - Kabupaten Labuhanbatu berjumlah sebanyak 2.500 Anak. Dari jumlah tersebut, masing - masing mengikuti 11 Cabang Perlombaan yang telah diatur kepanitiaan. Antusias para orang tua dan Lembaga PAUD setiap tahunnya semakin meningkat, dengan peningkatan tersebut, Kami mohon perhatian Kita bersama untuk terus meningkatkan Lembaga - Lembaga PAUD terlebih lagi di daerah terpencil Labuhanbatu", katanya. (PS/OKTA - RICKY)

Anak - Anak PAUD Sedang Mengikuti Perlombaan Menari. POSKOTA/OKTA - RICKY
Komentar Anda

Terkini: