Komunitas Baca Dibawah Naungan DPK Labuhanbatu Budidayakan Cacing Air Sebagai Pakan Ternak

/ Minggu, 02 Desember 2018 / 01.12.00 WIB
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung MMA Bersama Waris dan Kepala Desa Lingga Tiga Supriyanto Sedang Menunjukkan Cacing Air Yang Dibudidayakan Komunitas Baca “Aan Ikan”. POSKOTA/OKTA

POSKOTASUMATERA.COM - RANTAUPRAPAT - Dengan bertujuan meningkatkan Minat Baca dan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat serta memperkecil Biaya Pengeluaran, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu terus melakukan Pembinaan terhadap Komunitas Baca maupun Perpustakaan Desa yang ada di wilayah Kabupaten Labuhanbatu.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung MMA kepada Wartawan, Selasa (27/11/2018) Siang, saat melakukan Kunjungan Kerja ke Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu.

Salah satu contohnya, sebut Leo, seperti yang dilakukan Komunitas Baca Perpustakaan Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, dimana sejak beberapa waktu lalu telah membudidayakan Cacing Air sebagai Pakan Ikan Non Pabrikan.

Pembudidayaan Cacing Air ini, kata Leo, dilakukan melalui Pojok Baca “Aan Ikan” dengan tujuan untuk meningkatkan Produksi Ikan, sekaligus memperkecil Pengeluaran Biaya Pemeliharaan (Cost) Beternak Ikan di Kolam Air Tawar.

Lebih lanjut Leo Sunarta mengungkapkan, bahwa tujuan Kunjungan Kerjanya ke Pojok Baca “Aan Ikan” Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu ini adalah untuk melihat dari dekat kegiatan Komunitas Baca “Aan Ikan” Perpustakaan Desa Lingga Tiga, ternyata apa yang dilakukan oleh Komunitas Baca ini sangat baik dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan Perekonomian Keluarga.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu sangat mengapresiasi usaha dan upaya komunitas baca Perpustakaan Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu yang terus berpacu meningkatkan minat baca masyarakat, karena dengan membaca itulah, Kita dapat berbuat banyak untuk keluarga, masyarakat dan dapat mendukung Program Pemerintah dalam meningkatkan pembangunan,” kata Leo Sunarta.

Pada kesempatan itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu ini juga meminta dan berharap, kiranya kegiatan ini hendaknya dapat diteruskan dan ditingkatkan, karena program ini dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat kearah yang lebih baik.

Waris salah seorang Pembudidaya Cacing Air yang saat itu didampingi Kepala Desa Lingga Tiga Supriyanto menambahkan, bahwa Cacing Air berjenis “Azola” tersebut sangat berguna untuk meningkatkan Produksi Ternak Ikan dan hasil Beternak Ikan tersebut dapat menambah dan meningkatkan Perekonomian Keluarga. (PS/OKTA)
Komentar Anda

Terkini: