Panwaslu Arse Gelar Pembekalan PPL Desa/Kelurahan dan Tokoh Masyarakat

/ Minggu, 16 Desember 2018 / 00.06.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Panitia Pengawasan Pemiliham Umum (Panwaslu) Kecamatan Arse melaksanakan Pembekalan kepada Pengawas Pmilu Lapangan (PPL) Desa dan Kelurahan serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,Tokoh Adat, Tokoh Pemuda selama dua hari di aula Kantor Camat Arse mulai Jum'at s/d Sabtu (14 s/d 15) Desember 2018.

Narasumber dalam acara Ketua Panwaslu Kecamatan Arse Muhammad Siregar bersama  Anggota Panwaslu Kecamatan  Masriana dan Johan Matondang. Acara ini juga dipandu oleh Sekretaris M Arifin dan Salamat Harahap.

Untuk Sosialisasi kepada tokoh masyarakat dilaksanakn pada, Jum'at (14/12), dan pembekalan kepada PPL, Sabtu ( 15/12)  di aula Kantor Camat Kecamatan Arse.

Pembekalan yang menyertakan pihak Panwas Desa dan Kelurahan ini dimaksudkan untuk mendapatkan rambu-rambu aturan dan teknis pelaksanaan pengawasan di lapangan. Pada pelaksanaan Pembekalan ini menghadirkan 3 Orang Komisioner  Panwaslu Kecamatan Arse dari divisi masing-masing memberikan penguatan pada peserta.

Ketua  Panwaslu Kecamatan Arse Muhammad Siregar ketika membuka kegiatan pembekalan di  Aula Kantor Camat Arse Sabtu  (15/12/2018), mengatakan, pembekalan bagi para peserta panwaslu Desa/Kelurahan yang ada mutlak dilakukan.

Hal ini dimaksudkan agar para peserta mengetahui tugas yang akan dilaksanakan di lapangan. Mereka juga perlu mendapatkan masukan hal teknis yang bakal dihadapi ketika menghadapi persoalan.

Adapun aturan tentang kampanye ada di PKPU Nomor 23 Tahun 2018,  PKPU Nomor  28 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 33 Tahun 2018 ttg kampanye, dan seterusnya  perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 tentang  pengawasan  kampanye.
Seterusnya mengenai penanganan pelanggaran, ada syarat   formil dan syarat materil.

"Divisi yang ada pada Panwaslu Kecamatan  diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi yang berkenaan dengan bidang tugas. Peserta juga diberi ruang untuk menanyakan kondisi teknis yang dihadapi di lapangan. Pembekalan juga sebagai ajang saling bertemu muka untuk sama-sama menyamakan pemahaman,” katanya.

Sementara Johan anggota Panwaslu Kecamatan Arse mengatakan, kegiatan pembekalan  ini sangat penting bagi Panwaslu dan tokoh masyarakat kecamatan di daerah ini.

Menurutnya, pada pembejalan  ini para peserta diperkuat dengan materi soal strategi pencegahan, pengawasan partisipatif dalam hal pengawasan untuk menghasilkan kualitas demokrasi yang lebih baik.

"Tugas kami adalah memberikan penguatan kepada jajaran di bawa untuk mensukseskan Pemilu 2019. Bagaimanapun juga sekarang warga Kecamatan Arse menanti kerja-kerja tim Panwaslu Kecamatan mulai dari tingkat Desa hingga kecamatan. Makanya kapasitas dan kapabilitas menjadi sangat penting," pesan Johan.

Sementara Masriana anggota Panwaslu Kecamatan Arse berharap kepada semua PPL Desa/Kelurahan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Pihaknya sangat berharap semua muatan materi yang sudah diperoleh di pembekalan ini , dapat dilaksanakan secara baik ketika bertugas nanti. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: