PT Pelindo I Miliki 4 Wilayah Operasi dan Pengelola 16 Cabang Pelabuhan

/ Jumat, 21 Desember 2018 / 01.29.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-
Perseroan Terbatas (persero) Pelabuhan Indonesia I yang dikenal dengan Pelindo I miliki 4 wilayah operasi masing-masing di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Provinsi Riau Kepulauan.

Selain itu, Pelindo 1 kelola 16 cabang pelabuhan diantaranya 11 kawasan pelabuhan dan perwakilan.

Pelindo 1 juga mengelola 1 unit usaha yang dikenal dengan Unit Usaha Galangan Kapal. Pelindo 1 miliki 6 anak perusahaan masing-masing PT. Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT. Prima Terminal Petikemas (PTP), PT. Prima Multi Terminal (PMT), PT. Prima Indonesia Logistik (PIL), PT. Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT. Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo I meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia.

Pelindo I saat ini sedang kembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia Bagian Barat. Selain itu Pelindo 1 mempunyai pintu utama eksport Crude Palm Oil (CPO) ke seluruh dunia melalui Pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo I dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menuerus, setelah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga, sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien.

Pembangunan secara kontiniu tersebut untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional.

Selain itu untuk menciptakan biaya logistic nasional secara efisien dan efektif, serta meningkatkan daya saing nasional. (PS/RIADI/SAMSUL)
Komentar Anda

Terkini: